TOP News
Home » Sains » Pengertian Router dalam Sistem Jaringan Komputer
Pengertian Router dalam Sistem Jaringan Komputer

Pengertian Router dalam Sistem Jaringan Komputer

(Pengertian Router dalam Sistem Jaringan Komputer) – Router adalah peralatan yang bekerja pada layer 3 Open System Interconnection (OSI) dan sering digunakan untuk menyambungkan jaringan luas Wide Area Network (WAN) atau untuk melakukan segmentasi layer 3 di LAN. WAN seperti halnya LAN juga beroperasi di layer 1, 2 dan 3 OSI sehingga router yang digunakan untuk menyambungkan LAN dan WAN harus mampu mendukung.

Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router-router yang saling terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik yang dilalui paket IP dari system ke sistem lain. Proses routing dilakukan secara hop by hop. IP tidak mengetahui jalur keseluruhan menuju tujuan setiap paket. IP routing hanya menyediakan IP address dari router berikutnya yang menurutnya lebih dekat ke host tujuan.

Menghubungkan komputer dengan komputer lain dapat dilakukan dengan cara langsung menggunakan kabel jaringan ataupun dengan peralatan tambahan. Jika ingin menyambungkan beberapa komputer di dalam satu ruangan sudah pasti memerlukan peralatan penyambung seperti hub atau switch.

Hub ataupun switch mempunyai kemampuan untuk menyambungkan pada jarak yang berdekatan berkapasitas bandwith mulai dari 10Mbps sampai 1000Mbps. Namun sayang kecepatan tinggi tersebut hanya dapat dinikmati di dalam satu ruangan saja Local Areal Network ruangan ke jaringan yang lebih luas memerlukan peralatan yang disebut router. (LAN) . Untuk menyambungkan jaringan dalam satu

Berhubungan dengan jaringan yang lebih luas atau internet berarti akan menghadapi internetworking yang memiliki prinsip dasar sebgai berikut:

  • Pengalamatan secara konsisten
  • Memiliki topologi jaringan mewakili pengalamatan.
  • Pemilihan jalur pengiriman data (terestial, gelombang mikro, satelit, fiber optic dan lainnya).
  • Penggunaan router statik maupun dinamik.
  • Menyambungkan berbagai tempat secara online tanpa keterbatasan waktu penyambungan.

Comments