TOP News
Home » Sains » Kantong Semar Raksasa, Mampu Memangsa Tikus
Kantong Semar Raksasa, Mampu Memangsa Tikus

Kantong Semar Raksasa, Mampu Memangsa Tikus

(Kantong Semar Raksasa, Mampu Memangsa Tikus) – Tanaman kantong semar juga dikenal dengan tanaman karnivora. Pada umumnya tanaman ini memangsa serangga yang ada disekitarnya. Akan tetapi berbeda dengan tanaman kantong semar raksasa ini, tanaman ini bisa memangsa tikus dengan mudah.

Tidak hanya memangsanya saja, tanaman yang memiliki nama latin Nepenthes Spathulata raksasa ini bisa tumbuh hingga 5 meter. Sehingga dengan mudah kalau hanya memangsa dan mencerna tulang-tulang serta gigi tikus.

Seperti dilansir dari laman Dailymail pada hari rabu (11/4/2012) bahwa tanaman ini bisa dijumpai didaerah Sumatera dan Jawa. Batang tanaman ini dapat tumbuh hingga sepanjang 5 meter serta mempunyai kantung untuk menjebak dan menangkap mangsanya.

Enzim pencernaan yang dimiliki tanaman kantong semar ini akan menghancurkan semua serangga / binatang yang masuk kedalamnya termasuk tikus. Biasanya, serangga didekat mulut licin pada bagian kantong tanaman ini yang dapat menyebabkan serangga tersebut terpeleset dan jatuh kedalam kantong.

tanaman kantong semar raksasa (nepenthes attenboroughii)

tanaman kantong semar raksasa (nepenthes attenboroughii)

Stewart McPherson baru-baru ini berhasil menemukan jenis spesies baru tanaman pemakan serangga (Tanaman Kantong Semar). Kala itu, ia bersama Alastair Robinson dan Volker Heinrich seorang ahli botani tengah melakukan ekspedisi di Mount Victoria, Filipina.

Mereka mengatakan bahwa tanaman kantong semar ini tidak hanya menjebak dan memangsa serangga, namun juga hewan lain seperti tikus. Nepenthes Attenboroughii merupakan spesies terbaru yang telah ditemukannya dan tentunya sangat besar.

Tanaman karnivora ini memangsa serangga guna memenuhi nutrisi penting untuk kehidupannya dengan cara menjebak dan mencerna binatang yang masuk dalam kantongnya, tanaman ini pada umumnya tumbuh pada tanah yang tingkat kesuburannya sangat rendah.

Comments