TOP News
Home » Sains » Komunikasi Antar Peralatan dalam Jaringan Komunikasi Data
Komunikasi Antar Peralatan dalam Jaringan Komunikasi Data

Komunikasi Antar Peralatan dalam Jaringan Komunikasi Data

(Komunikasi Antar Peralatan dalam Jaringan Komunikasi Data) – Kita dapat mengetahui bahwa bahwa pengertian hardware itu sangatlah luas. Hardware bisa dilihat dari kecepatannya, kode dasar binary yang digunakan, serta lainnya lagi. Dengan banyaknya perbedaan ini, maka situasi menjadi kritis apabila kemudian dikehendaki agar peralatan tersebut bisa saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya.
Dalam hal ini, pengirim dan penerima informasi membutuhkan adanya interface yang bisa digunakan untuk penyelaras/pengatur pelbagai kecepatan ataupun pelbagai kode yang digunakan setiap komputer.
Suatu hal yang sangat tidak meng-enakkan dalam menyelenggarakan komunikasi antar peralatan ini adalah, banyak didominasi dengan pelbagai hal yang sangat teknis, dan hal ini sangatlah berbeda apabila dibanding dengan percakapan antar sesama manusia. Banyak hal ataupun banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar bisa menyatukan pelbagai peralatan serta saling mengerti antara satu dengan lainnya.

a. Parallell dan Serial Transmisi.
Jumlah channel yang dimiliki oleh setiap peralatan tidaklah sama, demikian pula halnya dengan jumlah track yang digunakan untuk mengirim data. Dalam hal ini, setiap character akan diwakili oleh bit-bit yang dapat ditransmisikan dalam bentuk paralel ataupun serial. Sebagai contoh, untuk men-transmisikan huruf H yang diwakili oleh 8 bit, bila menggunakan delapan chanel yang terpisah, disebut sebagai parellel transmission. Sebaliknya, jika bit-bit yang ada disalurkan dalam satu channel, disebut sebagai serial transmission.
Seperti yang nampak pada gambar, maka bentuk transmisi paralel mempunyai kecepatan yang lebih tinggi apabila dibanding dengan bentuk transmisi serial. Penyebabnya adalah, paralel memiliki banyak chanel, sedang serial hanya satu. Paralel lebih sesuai untuk pengiriman jarak pendek.
Komputer dengan pelbagai terminal pada lokasi yang saling berjauhan, biasanya menggunakan cara tradisional untuk saling berkomunikasi antara satu dengn lainnya, yaitu menggunakan bentuk serial. Serial interface yang umum digunakan adalah RS-232C, yang dikembangkan untuk men-standartisasi dikarenakan adanya hubungan yang saling berjauhan antara komputer dengan terminal.
Komputer secara umum membutuhkan adanya bentuk komunikasi kecepatan tinggi dengan peralatan yang ada didekatnya, seperti disk ataupun tape-unit. Dikarenakan jarak yang saling berdekatan, maka bentuk transmisi paralel dimungkinkan. Didalam sistem personal computer, peralatan yang berdekatan biasanya berupa printer yang juga dihubungkan secara paralel dengan sistem komputer yang ada.

Comments