TOP News
Home » Sains » Pengertian dan Definisi Kalor
Pengertian dan Definisi Kalor

Pengertian dan Definisi Kalor

(Pengertian dan Definisi Kalor) kalor adalah suatu energi yang mudah diterima serta mudah sekali untuk dilepaskan sehingga mampu mengubah temperatur zat tersebut menjadi naik ataupun turun.

Energi kalor diketahui juga dapat berpindah dari satu zat ke zat yang lain melalui medium atau perantara dan energi ini juga dapat berubah menjadi bentuk energi lain, seperti cahaya, gerak, listrik, kimia dan lain-lain.

Dalam ilmu kalor terdapat suatu asas yang disebut “Asas Black”, dimana asas ini mengemukakan bahwa “Jumlah kalor yang dilepaskan oleh suatu zat bersuhu lebih tinggi sama dengan jumlah kalor yang diterima oleh suatu zat bersuhu lebih rendah”.

Dalam mempelajari kalor juga terdapat istilah seperti berikut ini:

  • Kalor jenis: Kalor jenis adalah sifat zat yang menunjukan banyaknya kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu zat bermassa 1 kg sebesar 1°C atau 1 K
  • Kalor laten: Kalor laten adalah banyaknya kalor yang diperlukan dan dilepaskan oleh 1 kg atau 1 g zat agar dapat mengubah wujudnya.
  • Kalor uap: Kalor uap adalah banyaknya kalor per satuan massa yang diberikan pada zat di titik didihnya agar wujud zat cair berubah menjadi wujud gas seluruhnya pada titik didih tersebut.

Penguapan terhadap zat cair terjadi disebabkan karena adanya kalor yang diterima. Kejadian ini dapat dicontohkan seperti air yang di panaskan secara terus-menerus akan menguap, dimana zat cair tersebut berubah wujud menjadi uap air yang termasuk dalam wujud gas.

Beberapa cara untuk mempercepat proses penguapan terhadap zat cair adalah sebagai berikut:

  • menaikkan suhu (pemanasan) zat cair
  • memperluas permukaan zat cair
  • mengalirkan udara di atas permukaan zat cair
  • mengurangi tekanan di atas permukaan zat cair

 

Comments