TOP News
Home » Sains » Struktur Diastropik dan macam-macamnya
Struktur Diastropik dan macam-macamnya

Struktur Diastropik dan macam-macamnya

(Struktur Diastropik dan Macam-macam Struktur Diastropik) – Struktur Diastropik adalah suatu pergeseran muka bumi yang dipengaruhi oleh adanya gerakan-gerakan kerak bumi, sehingga gerakan-gerakan tersebut mengakibatkan perubahan bentuk yang menghasilkan pola baru.

Terjadinya bentuk muka bumi yang dipengaruhi oleh adanya gerakan-gerakan kerak bumi. perubahan bentuk yang mengahsilkan pola baru yang disebut struktur diastropik. yang termasuk dalam struktur diastropik adalah: pelengkupan, pelipatan, patahan, dan retakan.

a. Struktur Pelengkungan
Lapisan batuan yang baru terbentuk cenderung mendatar. lapisan ini bila mendapat tekanan vertikal tidak merata akan membentuk struktur batuan yang melengkung. pelengkungan dapat mengarah ke atas yang di sebut kubah (dome) dan dapat pula mngearah ke bawah yang di sebut cekungan (basin)

b. Struktur Lipatan
Struktur Lipatan terbentuk apabila lapisan itu mnegalami tekanan lemah. akibat tekanan tersebut lapisan yang semula mendatar (horizontal) akan terlipat-lipat. bagian lipatan dis ebut antiklinal dan lembah lipatan disebut sinklinal. bentuk lipatan dapat dibedakan menjadi lima macam, yakni sebagai berikut:

  • Fleksur yaitu suatu keadaan peralihan antara lekukan dengan putusnya lapisan batuan.
  • Lipatan tegak atau lerengnya simetris.
  • Lipatan Miring atau lereng-lerengnya tidak simetris.
  • Lipatan Terletak Atau lipatan yang satu menutupi lipatan yang lain.
  • Lipatan menutup atau lipatan yang satu menutupi lipatan yang lain tetapi ukurannya lebih besar.

Comments