TOP News
Home » Sains » Manfaat Hewan/Tumbuhan bagi Kehidupan Lingkungan

Manfaat Hewan/Tumbuhan bagi Kehidupan Lingkungan

Manfaat tumbuhan
Tumbuhan sebagai sumber makanan. Sumber makanan tidak hanya terdapat pada hewan saja, namun sebagian besar sumber makanan justru terdapat pada tumbuhan. Banyak protein dan nutrisi yang terkadung pada makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti: buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, ubi-ubian dan sebagainya. Beberapa tumbuhan yang menghasilkan makanan adalah:padi, jagung, sagu, ketela, ubi jalar dan buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan gizi yang penting untuk kesehatan tubuh seperti halnya: buah papaya, buah pisang, buah apel, buah pear, buah strowberi, buah jeruk yang kaya akan Vitamin C.

Disamping untuk memenuhi gizi dan nutrisi tubuh manusia, tumbuhan juga dapat digunakan sebagai peralatan rumah tangga. Berbagai peralatan rumah tangga banyak yang terbuat dari tumbuhan seperti halnya kayu yang dapat dimanfaatkan untuk membuat rumah, peralatan dapur, meja, kursi, rak buku, mainan anak-anak dan tak jarang hiasan atau aksesoris rumah yang terbuat dari tumbuhan / kayu.

Manfaat penting lain yang diberikan oleh tumbuhan adalah tumbuhan sebagai pencegah erosi. Dimana beberapa tumbuhan mampu menjaga tanah dari terjadinya erosi. Air hujan yang turun sangat lebat mampu mengikis tanah yang tidak ada tumbuhannya, sehingga hal ini memicu terjadinya longsor dan banjir bandang. Dengan adanya tanaman / tumbuh-tumbuhan maka air dapat diserap oleh akar-akar pohon. Tidak hanya sebatas menyerap air hujan saja, namun akar-akar pohon tersebut mampu memperkuat kondisi tanah diatasnya, sehingga air-air tersebut tidak mudah mengikis kondisi tanah.

Mengingat manfaat tumbuhan dan hewan begitu besar terhadap lingkungan dan alam sekitar, maka sudah kewajiban kita untuk menjaga dan melindungi ekosistemnya dari ulah-ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Comments