TOP News
Home » Sains » Pengertian dan Makna Tut Wuri Handayani

Pengertian dan Makna Tut Wuri Handayani

2. Prinsip Regenerasi
Hidup yang sementara membuat semua orang berpacu untuk berbuat yang terbaik, maka dari itu diperlukan generasi-generasi yang unggul dalam persaingan yang dipersiapkan oleh generasi sebelumnya .

Tut Wuri Handayani tidak hanya sekedar memberi motivasi dan semangat kepada orang lain, melainkan juga berfungsi sebagai ajang berbagi pengalaman dan ilmu kepada generasi muda, agar generasi yang akan datang lebih baik daripada generasi sebelumnya .

Maka Tut Wuri Handayani juga mengemban prinsip regenerasi, hal ini untuk memastikan adanya pembinaan kepada generasi penerus. Dan juga menerapkan makna ‘Handayani’ dengan tepat .

3. Prinsip Edukasi dan Pembinaan
Salah satu prinsip penting dari Tut Wuri Handayani adalah prinsip pengajaran dan pembinaan dari orang yang satu dengan orang lain. Hal ini dimaksudkan agar orang-orang senantiasa menambah pengetahuan .

Dan tentunya orang yang lebih tua membina yang lebih muda, tentunya yang lebih tua punya pengalaman lebih banyak dan sudah mempunyai ilmu yang memadai sehingga mampu membina yang lebih muda .

4. Prinsip Pengawasan dan Pengarahan
Dan prinsip yang terakhir adalah prinsip pengawasan, hal ini di dasari pada semangat Tut Wuri yang mempunyai arti ‘mengikuti dari belakang’. Untuk memahami prinsip ini mari kita mengambil skop kecil dalam lingkungan masyarakat, bila antara yang satu dan lainnya saling mengawasi maka akan tercipta kedamaian dan keamanan, namun bila tidak ada pengawasan akan terjadi gejolak dan instabilitas keamanan .

Hal ini menunjukkan pentingnya saling mengawasi dalam artian disini melihat perkembangan yang satu dan yang lain, bila masing-masing saling mengawasi maka dapat dipastikan semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas antar individu. Disamping mengawasi juga masing-masing individu dapat saling mengarahkan ke dalam hal-hal positif.

Dalam dunia pendidikan kita mengenal pengajar dan anak didik, dalam hal ini pengajar berfungsi untuk mengawasi anak didik agar memacunya berkembang. Pengajar melakukan fungsi pengawasan dibarengi dengan mengarahkan anak didik ke potensi-nya masing-masing.

Comments