TOP News
Home » Sains » Ciri-Ciri Gejala Sosial di Indonesia dan NegaraTetangga

Ciri-Ciri Gejala Sosial di Indonesia dan NegaraTetangga

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di Asia Tenggara. Sementara negara dengan kepadatan penduduk paling tinggi di Asia Tenggara adalah Singapura. Masalah persebaran penduduk yang tidak merata dialami oleh semua negara dikawasan Asia Tenggara terutama negara-negara yang berbentuk kepulauan seperti Indonesia, Singapura, dan Filipina. Selain itu masalah-masalah yang berkaitan dengan kualitas penduduk juga dialami oleh hampir seluruh negaradi kawasan Asia Tenggara. Kecuali Singapura, negara-negara di kawasanAsia Tenggara pada umumnya mempunyai kualitas penduduk yang masihrendah terutama di negara-negara yang kondisi politik dan ekonominya masih belum stabil dan sering terjadi konflik. Masalah-masalah kependudukan harus diatasi dan dicarikan solusinya. Pemerintah Indonesia mengatasi masalah jumlah dan pertumbuhan penduduk yang tinggi dengan program KB (Keluarga Berencana), sedangkan masalah persebaran dan kepadatan penduduk diatasi dengan program transmigrasi.

Sementara itu pemerintah Singapur amengatasi masalah kepadatan penduduk dengan cara membangun rumah susun. Lalu,bagaimana cara mengatasi masalah-masalah kependudukan yang lain? Setiap pemerintah, pada umumnya mempunyai kebijakan masing-masing untuk mengatasi masalah kependudukan. Pembangunan rumah susun merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk menyediakan permukiman bagi daerah yang padat penduduknya.

e.Lingkungan hidup
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita atau segala hal yang berada di sekeliling makhluk hidup yang memengaruhi kehidupan. Dengan demikian lingkungan hidup terdiri atas tiga lingkungan berikut ini.

  • Lingkungan fisik yaitu lingkungan di luar makhluk hidup yang meliputi semuabenda mati yang ada di sekitar manusia. Misalnya batu, tanah, udara.
  • Lingkungan biologis, yaitu lingkungan di sekitar manusia yang terdiriatas benda-benda hidup yang meliputi hewan dan tumbuh-tumbuhan.
  • Lingkungan sosial, yaitu lingkungan antarmanusia yang terdiri atas orang-orang secara individu maupun kelompok. Masalah-masalah yang berkaitan dengan lingkungan hidup adalah adanya kerusakan lingkungan sebagai akibat dari adanya kegiatan manusia. Beberapa contoh masalah lingkungan hidup adalah kerusakan lahan,kerusakan hutan, dan berbagai bentukpencemaran lingkungan.

Pencemaran terjadi apabila di dalam lingkungan hidup manusia terdapat bahan pencemar yang dapat merugikan manusia sehingga kondisi lingkungan tidak lagi sesuai dengan fungsinya. Misalnya, air sungai kadang dimanfaatkan manusia untuk mandi, tetapi karena airnya tercemar jadi air sungai tersebuttidak dapat dimanfaatkan untuk mandi lagi. Secara umum bentuk-bentuk pencemaran meliputi pencemaran air, pencemaran udara, pencemaran tanah, pencemaran suara dan pencemaran budaya. (RFQ)

Sumber: Google Search Engine

Comments