TOP News
Home » Sains » Mengenal Dunia Komputer Internet
Mengenal Dunia Komputer Internet

Mengenal Dunia Komputer Internet

(Mengenal Dunia Komputer Internet) – Internet (INTERnational NETwork) dapat diartikan sebagai jaringan komputer internasional, dimana ribuan sistem komputer saling berhubungan satu dengan lainnya.. Kehadiran internet telah membiaskan batas-batas negara, sehingga berbagai informasi penting dapat dengan cepat dan sangat mudah didistribusikan ke seluruh penjuru dunia, maka abad ini kemudian disebut sebagai abad informasi.

Dengan adanya komputer yang saling terhubung tersebut, memungkinkan terjadinya pertukaran file data dan informasi yang terdapat pada masing-masing komputer. Hingga kini telah tercatat lebih dari 80.000 jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Internet suatu komunitas baru dari masyarakat yang sangat besar yang dikenal dengan istilah Cyberspace.

Peralatan yang dibutuhkan supaya dapat terhubung dengan internet adalah:

  • Komputer dengan persyaratan minimum adalah IBM PC atau kompatible-nya dengan processor 486, RAM 16 MB dan tersedianya Hard disk, serta menggunakan operating system Microsoft Windows 3.1
  • Modem. Telphone mengeluarkan sinyal analog, sedang CPU komputer menghasilkan sinyal digital. Agar saluran telphone yang ada bisa digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal digital, diperlukan peralatan yang disebut modem. Modem berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Standard minimal modem yang diperlukan 14.4 kbps Komputer kini banyak melengkapi dirinya dengan internal modem, artinya modem tersebut sudah merupakan satu bagian dari komputer itu sendiri. Dengan adanya internal modem ini, pemakai komputer tidak lagi perlu mengadakan modem tambahan untuk keperluan internet.
  • Saluran telephone. Saluran telephone berfungsi untuk menyalurkan data yang telah diubah oleh modem dalam bentuk sinyal analog sinyal. Dengan adanya saluran ini, pada akhirnya, komputer dapat mengirim ataupun menerima data dari komputer lainnya.
  • Provider. Pemakai internet harus menjadi anggota dari salah satu provider yang ada. Provider merupakan sebuah perusahaan pelayanan internet yang dapat menghubungkan komputer kita ke-internet. Beberapa perusahaan yang bergerak dibidang ini antara lain, Idola, WasantaraNet, IndosatNet dan VisoNet.

 

Comments