TOP News
Home » Sains » Pengertian Gelombang Elektromagnetik dan Penggunaannya

Pengertian Gelombang Elektromagnetik dan Penggunaannya

(Pengertian Gelombang Elektromagnetik dan Penggunaannya) – Inframerah adalah radiasi gelombang elektromagnetik fisika dari panjang gelombang yang lebih panjang dari cahaya tampak, tapi lebih pendek dari radiasi gelombang. Infra berasal dari bahasa Latin yang artinya ‘bawah’, sedangkan merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang.

Radiasi inframerah memiliki panjang gelombang antara 700 nm (nanometer) sampai 1 mm (milimeter). Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, seorang astronom Inggris ketika sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optik yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari dalam tata surya teleskop.

Sinar inframerah memiliki karakteristik tersendiri diantaranya adalah:

  • sinar inframerah tidak dapat dilihat oleh mata manusia.
  • sinar inframerah tidak dapat menembus materi yang tidak tembus pandang.
  • sinar inframerah dapat ditimbulkan oleh komponen yang menghasilkan energi panas.
  • panjang sinar inframerah memiliki hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik dengan suhu. Jadi, saat suhu mengalami kenaikan, panjang gelombang akan mengalami penurunan.

Kegunaan Inframerah dalam Kehidupan
1. Bidang Komunikasi
Digunakan sebagai sistem sensor inframerah. Pada dasarnya, sensor inframerah menggunakan inframerah sebagai media komunikasi yang menghubungkan antara dua perangkat. Penerapan sistem sensor inframerah ini sangat bermanfaat sebagai pengendali jarak jauh, alarm keamanan, dan otomatisasi pada sistem.

Adanya kamera tembus pandang yang memanfaatkan inframerah. Sinar inframerah memang tidak dapat ditangkap oleh mata manusia sedara langsung, tapi sinar inframerah tersebut dapat ditangkap oleh kamera digital atau handycam. Teknologi ini pun telah diaplikasikan ke kamera handphone.

Inframerah dimanfaatkan untuk komunikasi jarak dekat, misalnya pada remote TV. Sinar inframerah itu mudah untuk dibuat, harganya relatif murah, tidak dapat menembus tembok atau benda gelap, memiliki fluktuasi daya tinggi dan dapat diinterfensi oleh cahaya matahari.

Inframerah sebagai alat komunikasi pengontrol jarak jauh. Sinar ini pun dapat bekerja dengan jarak yang tidak terlalu jauh (kurang lebih 10 meter dan tidak ada penghalang).

Inframerah sebagai salah satu standarisasi komunikasi tanpa kabel. Jadi, inframerah bisa dikatakan sebagai salah satu konektivitas yang berupa perangkat nirkabel yang dipakai untuk mengubungkan atau transfer data dari suatu perangkat ke parangkat lain. Penggunaan inframerah seperti ini dapat dilihat pada handphone dan laptop yang memiliki aplikasi inframerah.

Comments