TOP News
Home » Sains » Pengetahuan Tentang Arti Ekosistem Hutan
Pengetahuan Tentang Arti Ekosistem Hutan

Pengetahuan Tentang Arti Ekosistem Hutan

(Pengetahuan Tentang Ekosistem Hutan) – Makhluk hidup dalam perkembangan dan pertumbuhannya tidak dapat hidup sendiri, selalu memerlukan makhluk lainnya dalam menjalani hidup dan kehidupannya. Antara makhluk yang satu dengan makhluk yang lain selalu berhubungan dan mengadakan kontak yang saling menguntungkan. Tetapi ada juga sebagian kecil mahkluk hidup yang selalu merugikan makhluk lain, biasanya makhluk ini disebut dengan parasit.

Ekosistem Hutan merupakan sistem ekologi yang saling terkait antara lingkungan dengan makhluk hidup yang menempati hutan. Menjadi tatanan kesatuan utuh yang tidak terpisahkan atas berbagai unsur kehidupan, organisme dan anorganisme.

Organisme berkembang dalam komunitas yang terjalin dalam sebuah sistem dengan lingkungan fisik untuk keperluan kehidupan. Spesies binatang dan tumbuhan dalam suatu ekosistem sangat ditentukan oleh pengaruh potensi sumber daya alam dan faktor kimiawi-fisis yang sesuai dengan kebutuhan hidup spesies tersebut.

Kawasan hutan banyak ditumbuhi oleh lebatnya pohon dan tumbuhan. Menjadi bentuk kehidupan yang tersebar di dunia, baik di daerah tropis, beriklim dingin, di pegunungan, di dataran rendah, di pulau terkecil, atau di suatu benua.

Memiliki fungsi untuk menampung carbon dioxide sink atau karbon dioksida, rumah bagi habitat hewan dan tumbuhan, pelestarian alami tanah, modulator arus hidrologika, dan fungsi biosfer terpenting bagi keberlangsungan hidup di bumi ini. Oleh karena itulah sedini mungkin kita harus menjaga Ekosistem Hutan dan melestarikannya supaya keseimbangan alam tetap terjaga. (disadur dari berbagai sumber)

Comments