TOP News
Home » Sains » Jenis-Jenis Vitamin dan Manfaatnya
Jenis-Jenis Vitamin dan ManfaatnyaSains

Jenis-Jenis Vitamin dan Manfaatnya

(Jenis-Jenis Vitamin dan Manfaatnya) – Vitamin merupakan senyawa yang sudah lama dikenal oleh peradaban manusia. Vitamin termasuk sekelompok senyawa organik anima berbobot molekul kecil yang berfungsi sangat penting dalam metabolisme setiap organisme. Vitaman juga sudah di kenal sebagai salah satu senyawa yang mampu memberikan efek kesehatan bagi tubuh sejak ribuan tahun yang lalu.

Vitamin dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Jika kadar senyawa ini tidak mencukupi, tubuh akan mengalami suatu penyakit. Pada dasarnya, tubuh hanya memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit. Namun, jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, metabolisme dalam tubuh akan terganggu sebab fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain.

Macam-macam Vitamin dan Fungsinya
Secara umum, vitamin dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan C, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K.

Vitamin K
Vitamin K berperan banyak dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan juga penutupan luka. Peranan lainnya adalah sebagai kofaktor enzim untuk mengkatalis reaksi karboksilasi asam amino asam glutamat. Oleh sebab itu, manusia harus banyak mengonsumsi kuning telur, susu, dan sayuran segar karena makanan ini adalah sumber vitamin K yang bagus untuk memenuhi kebutuhan di dalam tubuh.

Vitamin E
Vitamin E berfungsi menjaga kesehatan berbagai jaringan di dalam tubuh, seperti mata, kulit, sel darah merah, dan hati. Peranan lain dari vitamin ini adalah melindungi paru-paru dari serangan polusi udara.

Vitamin E banyak terdapat pada ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuh-tumbuhan. Meskipun hanya diperlukan dalam jumlah sedikit, kekurangan vitamin ini mengakibatkan gangguan kesehatan yang berbahaya bagi tubuh, misalnya kemandulan bagi pria dan wanita.

Comments