TOP News
Home » Sains » Mengenal Penyakit Difteri, Gejala dan Pencegahannya

Mengenal Penyakit Difteri, Gejala dan Pencegahannya

(Mengenal Penyakit Difteri, Gejala dan Pencegahannya) – Difteri adalah suatu infeksi akut pada saluran pernafasan. Lebih sering menyerang anak-anak. Penularan difteri biasanya terjadi melalui percikan ludah dari orang yang membawa kuman ke orang lain yang sehat. Selain itu penyakit ini bisa juga ditularkan melalui benda atau makanan yang terkontaminasi. Tetapi tak jarang racun juga menyerang kulit dan bahkan menyebabkan kerusakan saraf dan jantung.

Menurut tingkat keparahannya, penyakit ini dibagi menjadi 3 tingkat yaitu:

  1. Infeksi Ringan. bila pseudomembran hanya terdapat pada mukosa hidung dengan gejala hanya nyeri menelan.
  2. Infeksi Sedang. bila pseudomembran telah menyerang sampai faring (dinding belakang rongga mulut) sampai menimbulkan pembengkakan pada laring.
  3. Infeksi Berat. bila terjadi sumbatan nafas yang berat disertai dengan gejala komplikasi seperti miokarditis (radang otot jan tung), paralisis (kelemahan anggota gerak) dan nefritis (radang ginjal).

Cara Penularan Difteri
Bisa ditularkan melalui udara (percikan ludah/droplet) dan selain itu bisa ditularkan juga melalui makanan yang terkon taminasi.

Gejala Penderita Difteri

  • Difteri termasuk penyakit saluran pernafasan bagian atas. Anak yang terinfeksi kuman Difteri setelah 2-4 hari akan mengalami gejala-gejala infeksi saluran pernafasan bagian atas, diantara nya:
  • Demam tinggi + 38 C
  • Nyeri telan
  • Pusing
  • Tampak selaput berwarna putih keabu-abuan (Pseudo membran).
  • Bengkak pada leher.

Comments