TOP News
Home » Sains » Pengertian Social anxiety disorder atau social phobia
Pengertian Social anxiety disorder atau social phobia Sains

Pengertian Social anxiety disorder atau social phobia

(Pengertian Social anxiety disorder atau social phobia) – Terasa gugup dalam beberapa situasi sosial merupakan hal yang wajar, dan bukan merupakan social anxiety disorder. Pada kasus social anxiety disorder (social phobia), interaksi sosial sehari-hari pun dapat mengakibatkan beberapa ketakutan ekstrem.
Pengertian Social anxiety disorder adalah suatu kondisi kesehatan mental kronis yang menyebabkan kecemasan irasional atau takut berada di tempat umum yang ramai. Biasanya juga memiliki ketakutan bahwa akan mempermalukan atau menghina diri sendiri jika berada di tempat umum.

Berada dan mengerjakan sesuatu di tempat umum akan menyebabkan ketidaknyamanan pada penderita social anxiety disorder. Jika kehidupan terganggu oleh jenis ketakutan tersebut, kemungkinan menderita social anxiety disorder.

Penyebab
Seperti banyak kondisi kesehatan mental lainnya, social anxiety disorder mungkin timbul dari interaksi yang kompleks dari lingkungan dan gen. Para peneliti terus mempelajari kemungkinan penyebab, termasuk:

1. Gen
Para peneliti mencari gen-gen tertentu yang berperan dalam kecemasan dan ketakutan. Social anxiety disorder tampaknya menurun dalam keluarga. Tetapi bukti menunjukkan bahwa komponen herediter pada kondisi ini disebabkan perilaku cemas yang ditiru dari anggota keluarga lainnya.

Comments