TOP News
Home » Sains » Pengertian SEO (Search Engine Optimization)
Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Pengertian SEO (Search Engine Optimization) – SEO adalah singkatan dari search engine optimization yang berfungsi untuk memasukkan nama domain atau alamat blog yang kita miliki ke dalam indeks mesin pencari (search engine), terutama Google.

Berdasarkan survey atas seluruh pengguna internet di dunia, hampir 95% user melakukan pencarian dengan search engine dalam aktifitas online meliputi browsing dan surfing. Dan dari semua daftar search engine yang tersedia di internet, Google dan Yahoo adalah dua search engine yang paling populer diikuti oleh MSN, Alexa, Altavista dan Search.com. Dari fakta ini, kita dapat membayangkan betapa banyaknya kunjungan pengguna internet ke situs search engine setiap harinya. Terbukti hingga saat ini Google dan Yahoo menempati urutan 1 dan 2 secara bergantian dalam daftar ranking Alexa sebagai website yang paling banyak dikunjungi.

Dari wikipedia indonesia tepatnya di http://id.wikipedia.org/wiki/SEO telah di jelaskan arti dari SEO.
Menurut wikipedia SEO (Search Engine Optimization) atau optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan web sebagai media bisnis, kebutuhan atas layanan SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan B2C atau pemasaran online untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan layanan optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan elektronik (ecommerce).

Comments