TOP News
Home » Sains » Mengenal penyakit kulit dan cara pencegahannya
Mengenal penyakit kulit dan cara pencegahannya

Mengenal penyakit kulit dan cara pencegahannya

(Mengenal penyakit kulit dan cara pencegahannya) – Kulit merupakan salah satu bagian tubuh terluar manusia yang ditumbuhi rambut-rambut. Warna kulit bisa berbagai macam seperti putih, kuning, coklat, maupun hitam. Berbagai warna kulit tersebut ada yang alami dan ada yang tidak alami bisa disebabkan oleh penyakit pada kulit.

Berikut ini merupakan Jenis-Jenis Penyakit Kulit yang terdapat pada manusia dan Pencegahannya.
1. Eksim(ekzema)
Ditandai dengan kulit kemerah-merahan, bersisik, pecah-pecah, terasa gatal terutama pada malam hari, timbul gelembung kecil yang berisi air atau nanah, bengkak, melepuh, berwarna merah, sangat gatal dan terasa panas. Penyebabnya karena alergi terhadap rangsangan zatkimia tertentu, maupun kepekaan terhadap makanan tertentu seperti udang, ikan laut, alkohol, vetsin, dll
Pencegahan : Menghindari hal-hal atau bahan-bahan yang dapat menimbulkan alergi.

2. Kudis (Skabies)

  • Gejala : timbul gatal hebat di malam hari, terutama di sela-sela jari tangan, di bawah ketiak, pinggang, alat kelamin, sekeliling siku, aerole (sekeliling puting payudara), dan permukaan depan pergelangan.
  • Kudis mudah menular ke orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung (handuk, pakaian, dll).
  • Pencegahan : kudis lebih sering terjadi di daerah yang higienisnya buruk, jadi memelihara kebersihan tubuh adalah wajib bila ingin terhindar dari penyakit kulit ini.

3. Kurap

  • Penyebab : jamur
  • Gejala : kulit menjadi tebal dan timbul lingkaran-lingkaran, bersisik, lembab, berair, dan terasa gatal. kemudian timbul bercak keputihan.
  • Pencegahan : jaga kebersihan kulit terutama di area tengkuk, leher, dan kulit kepala.

Comments