TOP News
Home » Sains » Medusoid, Penemuan Awal Dunia Cyborg
Medusoid, Penemuan Awal Dunia Cyborg

Medusoid, Penemuan Awal Dunia Cyborg

Sekelompok team ahli teknologi biologi di Harvard dan Caltech, mengklaim sudah menemukan langkah awal menuju teknologi cyborg. Cyborg merupakan makhluk hidup yang kemampuannya ditingkatkan dengan menggunakan penggabungan teknologi, Cyborg sudah hadir lebih dulu dalam perfileman Robocop, Six Million Dollar Man atau Terminator.

Temuan yang sudah dipublikasikan pada Nature Biotechnology ini adalah sebuah mesin hidup berbentuk ubur-ubur bernama Medusoid yang mana diciptakan dari penggabungan sel tikus dan silikon. Melusoid bisa bergerak ketika terkena arus listrik di air. Di setiap detak jantungnya berasal dari sel jantung tikus, ubur-ubur itu mampu membuat suatu pola gerakan.

Tujuan pembuatan Medusoid sendiri adalah untuk mengetahui cara memperbaiki organ yang rusak pada makhluk hidup.

Seperti dilansir dari laman Latinospost, bahwa para ilmuwan tersebut juga mengungkapkan, “Dalam tahap ini, kemampuan berenangnya masih terbatas. Kami masih belum bisa untuk mengontrol gerakannya. Walau bagaimana pun, di masa depan, gabungan antar sel dan material akan memungkinkan untuk membentuk suatu kemampuan yang lebih tinggi lagi.”

Kevin Kit Parker salah seorang biofisika dari Harvard yang ikut dalam penelitian tersebut mengatakan kemungkinan lainnya, ini adalah suatu harapan untuk mengetes obat jantung dan untuk membuat organ buatan. Medusoid dapat melakukan mimik jantung seperti pada jantung manusia, sehingga memungkinkan bisa menjadi model untuk pengetesan obat jantung.

Comments