TOP News
Home » Sains » Ini dia si tumbuhan pemangsa serangga
Ini dia si tumbuhan pemangsa serangga Tumbuhan kantong semar
Img: inikabarku.blogspot.com

Ini dia si tumbuhan pemangsa serangga

Tumbuhan pemangsa serangga? mungkin sudah tidak sedikit orang yang mengetahui hal ini terutama para pelajar. Namun, sebagian orang tentu juga ada yang masih belum mengetahui tumbuhan ini.

Tumbuhan pemakan serangga pada umumnya hidup didaerah yang tak banyak memiliki kandungan nitrogen. Sehingga, untuk mampu bertahan hidup tumbuhan-tumbuhan ini harus mendapatkan tambahan asupan nitrogen yang diperoleh dari serangga.

Setidaknya ada beberapa jenis tumbuhan pemangsa serangga diantaranya adalah tumbuhan embun matahari, venus flytrap dan tumbuhan kantong semar. Dimana jenis tumbuhan pemangsa serangga yang paling banyak dikenal adalah tumbuhan venus flytrap dan kantong semar.

Cara mendapatkan serangga sebagai mangsanya, tumbuhan ini selalu mengelabui dan menjebak mangsanya untuk mampir / hinggap diaera jebakan yang dibuat oleh tumbuhan pemangsa serangga.

Seperti halnya yang dilakukan oleh tumbuhan kantong semar yang menjebak serangga dengan cara mengeluarkan zat nektar, dimana zat ini merupakan suatu cairan yang dapat menarik perhatian serangga. Bagi serangga yang terkena jebakan / perangkap tumbuhan kantong semar ini akan tergelincir ke dalam daun yang berbentuk seperti guci.

Dalam daun tersebut terdapat cairan yang berfungsi untuk mengolah / mencerna serangga dan mengubahnya menjadi nitrogen, jika sudah menjadi nitrogen dalam cairan tersebut, maka tumbuhan ini segera menyerap kandungan netrogen hasil dari pencernaan serangga tersebut.

Berbeda dengan kantong semar, daun tumbuhan venus flytrap mampu mengatup dengan cepat, sehingga untuk menangkap dan memangsa serangga tumbuhan ini harus membuka lebar-lebar daunnya dan jika terdapat serangga yang hinggap diatas daun venus flytrap maka secara cepat daun tumbuhan ini akan menutup dan mencerna serangga tersebut.

Comments