TOP News
Home » Sains » Ini Dia Ciri Khusus Pada Cecak dan Tokek
Ini Dia Ciri Khusus Pada Cecak dan Tokek Hewan Tokek

Ini Dia Ciri Khusus Pada Cecak dan Tokek

(Ciri Khusus Pada Binatang Cecak dan Tokek) – Cecak dan tokek merupakan bukanlah hewan yang mampu terbang seperti halnya burung ataupun kelelawar.

Meskipun demikian, hewan tersebut seringkali memangsa beberapa jenis serangga yang dapat terbang. Lantas, bagaimana hewan ini memperoleh mangsa? Penasaran bagaimana cecak (cicak) dan tokek mendapatkan makanan untuk dicerna? simak penjelasannya berikut ini.

Tokek dan cecak ternyata memiliki ciri-ciri khusus yang disebut juga dengan outotomi, dimana ciri-ciri tersebut menjadikan hewan ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan hewan atau binatang yang lain. Outotomi adalah sebuah mekanisme pertahanan tubuh untuk mampu bertahan hidup dengan cara melepaskan bagian anggota tubuh (ekornya).

Disamping itu, ciri-ciri khusus yang lain pada hewan ini adalah pada tungkai kaki belakang tokek dan cecak memiliki sulur dan alur yang tersusun secara paralel, sehingga lebih mudah untuk merayap pada langit-langit dan dinding-dinding rumah tanpa terjatuh.

Oleh sebab itulah cecak dan tokek mampu mendapatkan mangsa seperti nyamuk dan serangga lain yang biasa terbang dan mendekati dinding maupun dilangit-langit rumah.

Comments