TOP News
Home » Sains » Pengertian Jaringan Pengangkut Xilem dan Floem pada Tumbuhan

Pengertian Jaringan Pengangkut Xilem dan Floem pada Tumbuhan

Ketika matang, sel-sel ini kehilangan nukleusnya dan sel-selnya terisi dengan suatu substansi berprotein yang biasa dikatakan dengan getah sel. Gula hasil fotosintesis juga diangkut bersama getah sel tersebut.

Karena jaringan ini tidak memiliki nukleus, sel-sel tabung tapis bergantung di sel-sel pengiring untuk menjalankan fungsi selnya. Di setiap sel tabung tapis mempunyai satu sel pengiring yang menempel padanya.

Sel-sel pengiring inilah yang mengatur pergerakan gula dan asam amino dari dan ke dalam sel tabung tapis. Hubungan kedua sel ini sangat penting serta saling bergantung satu dengan yang lain.

Floem mempunyai jumlah sel parenkim yang lebih banyak ketimbang sel pengiring. Hal ini memiliki hubungan dengan banyak aktivitas khas sel-sel parenkim, seperti halnya sebagai penyimpan lemak, tepung serta bahan makanan organik lainnya.

Tidak hanya itu, peran parenkim floem juga sebagai penimbun zat-zat ergastik, seperti resin dam tanin. Dinding sel parenkim mempunyai lubang yang menghubungkan sel parenkim degan sel pengiring, serta antara sel parenkim dan sel tabung tapis. Adapun serat floem maupun serat xilem, berfungsi memberi sokongan kekuatan untuk tumbuhan.

Comments