Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Gerhana Bulan adalah fenomena alam yang sering terlihat oleh mata kita adalah fenomena alam gerhana bulan. Peristiwa alam ini terjadi disebabkan karena pergerakan seluruh isi alam semesta pada garis edar atau orbitnya masing-masing.

Setelah pada postingan sebelumnya saya berbagi tentang seribu pernak pernik ponsel android, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memposting tentang proses terjadinya gerhana bulan, yang beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 10 Desember 2011 fenomena alam ini kembali terjadi, dan kita yang berdada di wilayah Indonesia dan sekitarnya bisa melihat fenomena gerhana bulan ini.

Alam semesta ini terdiri dari milyaran objek benda-benda langit termasuk tempat yang kita diami yaitu bumi. Semua objek yang ada tidak pernah saling berbenturan antara satu dan yang lain, karena masing-masing objek tersebut beredar atau berputar mengelilingi orbitnya. Benda-benda langit tersebut seperti, bulan, bintang, dan planet-planet yang ada tidak pernah melenceng 1 centimeterpun di saat sedang mengelilingi orbitnya.

Bumi merupakan sebuah planet yang bergerak teratur mengelilingi sebuah bintang yang disebut matahari, Planet bumi juga mempunyai satu buah bulan. Meskipun ada beberapa planet seperti mars dan jupiter yang memliki lebih dari satu buah bulan. Sewaktu sedang dalam proses beredarnya ini lah ketiga benda langit yaitu bumi, bulan, dan matahari suatu waktu akan berada dalam posisi sejajar dan berada dalam satu garis lurus yang sama.

Check Also

Bumi sebagai planet dalam Tata Surya

(Bumi sebagai planet dalam Tata Surya) – Bentuk dan Ukuran Bumi; Pada zaman dahulu, manusia …