TOP News
Home » Sains » Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Jika posisi Bumi berada ditengah-tengah posisi antara Matahari dan bulan, sehingga sinar matahari tertutup oleh bumi dan tidak sampai ke bulan maka peristiwa ini disebut dengan peristiwa gerhana bulan. Tetapi jika sebaliknya bulan yang berada ditengah-tengah posisi antara matahari dan bumi sehingga sinar matahari tertutup oleh bulan maka peristiwa ini di namakan gerhana matahari.

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Proses Terjadinya Gerhana Bulan

Pada saat peristiwa gerhana bulan terjadi, cahaya matahari yang seharusnya diterima total oleh bulan akan tertahan oleh keberadaan bumi yang ada di depannya, karena ukuran diameter bulan yang lebih kecil daripada bumi, maka yang akan tampak oleh kita hanya lingkaran luar dari bulan saja yang disebabkan oleh menyebarnya cahaya matahari yang tertutupi oleh bumi sehingga membentuk sebuah lingkaran cahaya cerah disekeliling lingkaran hitam.

Jika pada saat terjadi gerhana bulan posisi bumi berada tepat di tengah-tengah bulan dan matahari maka dinamakan gerhana bulan total, tetapi jika posisi bumi hanya miring beberapa derajat saja maka hal ini dinamakan dengan peristiwa gerhana bulan sebagian.

Comments