TOP News
Home » Sains » Akawaio Penak, Ikan Listrik Jenis Baru dari Pedalaman Guyana
Akawaio Penak, Ikan Listrik Jenis Baru dari Pedalaman Guyana Spesies baru ikan listrik, Akawaio Penak © ibtimes.com

Akawaio Penak, Ikan Listrik Jenis Baru dari Pedalaman Guyana

Akawaio Penak – Team peneliti dari Universitas Toronto Scarborough menemukan ikan jenis baru menyerupai belut pada perairan dangkal dan berlumpur di bagian hulu Sungai Mazaruni, Guyana utara yang dapat mengeluarkan listrik.

Menariknya, medan listrik yang dimiliki oleh ikan ini juga mampu mendeteksi obyek-obyek disekitar dan digunakan untuk berkomunikasi dengan ikan lainnya.

Spesies ikan yang memiliki bentuk tubuh pipih ini dinamai Akawaio Penak, pemberian nama ini sendiri dimaksudkan untuk menghormati suku Indian Amerika Akawaio yang mendiami daerah hulu Mazaruni.

Meskipun demikian, sebagian besar kawasan hulu Sungai Mazaruni belum sepenuhnya tereksplorasi. Hal tersebut disebabkan karena lokasinya sangat terpencil. Tidak hanya Sungai Mazaruni saja, di wilayah ini juga mempunyai banyak sungai yang telah terisolasi lebih dari 30 juta tahun.

Diwartakan dari laman voanews, Rabu (25/9/2013) bahwa daerah ini sangat terpencil dan telah terisolasi dalam waktu yang lama, berarti kali ini kita mungkin menemukan spesies baru,” ujar Professor Nathan Lovejoy.

Comments