TOP News
Home » Sains » Organisme Berusia 507 Tahun ini Disebut-sebut Organisme Tertua
Organisme Berusia 507 Tahun ini Disebut-sebut Organisme Tertua Ming Quahog - Organisme tertua didunia. © 2013 VR-Zone.com

Organisme Berusia 507 Tahun ini Disebut-sebut Organisme Tertua

Ming, disebut-sebut sebagai organisme tertua didunia berbentuk kerang yang berhasil ditemukan. Kerang ini diketahui telah berusia sekitar 507 tahun.

Ming sendiri adalah nama yang diberikang kepada kerang ini, hal tersebut dikarenakan organisme ini telah hidup pada zaman Dinasti Ming, China, yakni sekitar tahun tahun 1499.

Diwartakan dari laman VR-Zone (15/11/2013), Ming, quahog atau hard clam, merupakan organisme yang kini hidup dengan usia tertua yang pernah ditemukan. Saat ditemukan, diduga Ming telah berusia 405 tahun. Akan tetapi setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata kerang ini sebenarnya diketahui 102 tahun lebih tua dari yang telah diperkirakan sebelumnya. Di mana diketahui kerang ini hidup selama 507 tahun.

Sekedar informasi bahwa kerang yang memiliki nama Ming ini pertama kali ditemukan pada tahun 2006 yang berlokasi di lepas pantai Islandia, kala itu kerang ini ditarik dari dasar laut oleh tim peneliti. Untuk mengetahui usianya, peneliti harus menjumlahkan garis lengkung di cangkang Ming. Memang kerang jenis ini diketahui menambah satu garis lengkung baru pada cangkangnya setiap tahun sebagai tanda pertumbuhannya.

Disamping diketahui sebagai organisme tertua di dunia, kerang ini juga memiliki kontribusi besar bagi ilmu pengetahuan. Hal tersebut dikarenakan Ming dapat memberikan informasi terkait suhu laut selama 500 tahun terakhir dengan cara mempelajari cangkangnya.

Namun sayang, Ming tak dapat hidup lebih lama atau mencapai usianya yang ke-600 tahun. Hal tersebut dikarenakan para peneliti memutuskan untuk mengetahui organ bagian dalamnya. Dengan membuka cangkangnya, maka peneliti juga secara langsung membunuh organisme dengan usia tertua di dunia ini.

Comments