TOP News
Home » Sains » Ciri-Ciri Gejala Sosial di Indonesia dan NegaraTetangga

Ciri-Ciri Gejala Sosial di Indonesia dan NegaraTetangga

(Keadaan Sosial Indonesia dan Negara Tetangga) – Keadaan sosial adalah suatu keadaan atau kondisi yang menggambarkan tentang hal-hal yang berkaitan perbuatan manusia. Pegunungan, dataran rendah, rawa, dan sebagainya termasuk keadaan alam. Sementara kemiskinan, kejahatan, dan sebagainya termasuk dalam keadaan sosial atau masalah sosial.
Keadaan alam suatu wilayah atau negara baik langsung maupun tidak langsung akan memengaruhi keadaan sosial masyarakatnya. Orang yang hidup di daerah yang tandus dan kurang sumber daya alam pada umumnya hidupnya miskin dan kekurangan. Sementara kemiskinan kadang dapat mendorong orang untuk berbuat kejahatan. Dengan demikian keadaan alam yang tandus dan miskin sumber daya alam secara tidak langsung mengakibatkan keadaan sosial yang berupa kemiskinan dan kejahatan. Negara-negara di kawasan Asia Tenggara pada umumnya pernah dijajaholeh bangsa Barat kecuali negara Thailand. Oleh karena itu, secara umum keadaan sosial penduduknya kondisinya hampir sama.

Beberapa persamaankeadaan sosial negara-negara di kawasan Asia Tenggara antara lain berikut ini:

  1. Sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian.
  2. Pada umumnya negara-negara di Asia Tenggara pernah dijajah negara lain.
  3. Penduduknya sebagian besar termasuk rumpun Melayu.
  4. Dilihat dari kondisi sosial ekonominya, rata-rata negara di kawasan AsiaTenggara termasuk kelompok negara berkembang.Sebagai negara berkembang, negara-negara di kawasan Asia Tenggaramempunyai berbagai masalah khususnya masalah-masalah yang berkaitandengan penduduk atau sering disebut sebagai masalah-masalah sosial.

Berikut ini beberapa masalah sosial di negara-negara kawasan Asia Tenggara
a.Kemiskinan
Kemiskinan adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak sanggup atau tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok atau kebutuhan hidupnya secara umum. Seseorang dikatakan miskin apabila orang itu tidak mampu memenuhi kebutuhan akan makanan, pakaian, perumahan, kesehatan, dan pendidikan. Beberapa kelompok yangdapat dikategorikan sebagai orang miskin antara lain berikut ini:

  • Kelompok petani yang tidak memiliki tanah garapan atau hanya memiliki sedikit tanah sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Mereka umumnya hidup sebagai buruh tani atau penyewatanah pertanian dari pemilik tanah yang luas di daerahnya.
  • Kelompok buruh kasar yang tidak memiliki keahlian atau keterampilan karena tidak terlatih atau pendidikannya sangat rendah. Mereka hidupserba kekurangan karena upah yang diperoleh tidak sebanding dengankebutuhan hidup yang semakin banyak. Termasuk dalam kelompok inia dalah tukang becak, pedagang kecil-kecilan, pembantu rumah tangga,bahkan termasuk gelandangan di kota-kota besar. Kemiskinan dianggap sebagai masalah sosial, apabila perbedaan ekonomidari warga masyarakat terlihat jelas. Dengan demikian pokok persoalan kemiskinan disebabkan seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan primernya sehingga timbullah masalah sosial seperti tunakarya, tunasusila, dan lain-lain.

Comments