TOP News
Home » Sains » Kelebihan dan Kekurangan Sinar Infra Merah Dalam Kesehatan
Kelebihan dan Kekurangan Sinar Infra Merah Dalam KesehatanSains

Kelebihan dan Kekurangan Sinar Infra Merah Dalam Kesehatan

Gelombang elektromagnetik yang berbentuk sinar infra merah akhir-akhir ini sangat populer dalam kesehatan. Dimana sinar infra merah yang dipancarkan pada gelombang tertentu dipercaya dapat membantu proses penyembuhan beberapa penyakit yang diantaranya adalah diabetes, anemia, pegal-pegal, rematik, sakit pinggang dan darah tinggi.

Dalam prosesnya gelombang elektromagnetik yang dipancarkan melalui sinar inframerah jauh (far infrared) tersebut memberikan efek melancarkan peredaran darah (sirkulasi darah) dan dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh dalam frekuensi tertentu.

Far infrared atau yang disebut dengan sinar inframerah akhir-akhir ini banyak digunakan dalam alat-alat kesehatan. Hal ini disebabkan karena pancaran sinar inframerah mampu mendeteksi kondisi kesehatan seseorang, sinar inframerah saat ini banyak digunakan oleh dokter untuk mendiagnosis kondisi pasien untuk membantu membuat tindakan / keputusan yang sesuai dengan kondisi pasien.

Disamping itu, peran gelombang elektromagnetik yang berupa pancaran sinar inframerah dipercaya efektif untuk membantu proses penyembuhan penyakit. Contoh alat dalam kesehatan yang sudah memanfaatkan sinar inframerah (infra red) adalah gelang kesehatan Bio Fir, Bio Energy Lantern.

Berikut ini merupakan kelebihan sinar inframerah dalam bidang kesehatan:

  • Dapat Mengaktifkan Molekul Air dalam Tubuh. Gelombang elektromagnetik yang dihantarkan oleh sinar infra merah dalam frekuensi tertentu mampu menimbulkan getaran yang sama dengan molekul air. Sehingga, pada waktu molekul air dalam tubuh pecah akan membentuk molekul tunggal lain yang bisa meningkatkan cairan dalam tubuh.
  • Efektif untuk meningkatkan sirkulasi mikro. Bergetarnya molekul air dalam tubuh serta pengaruh dari sinar inframerah dapat menghasilkan panas yang memicu pembuluh kapiler membesar, memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan temperatur kulit dan efektif mengurani tekanan jantung.
  • Meningkatkan Ph dalam tubuh. Sinar inframerah efektif untuk membersihkan darah, mencegah rematik yang disebabkan kadar asam urat yang tinggi serta memperbaiki tekstur kulit.
  • Dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika sirkulasi mikro pada tubuh meningkat, maka racun dapat dikeluarkan dari tubuh kita melalui metabolisme. Hal ini dapat mengurangi beban liver dan ginjal.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari pancaran gelombang elektromagnetik dari sinar inframerah adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kadar air dalam tubuh
  • Menaikkan suhu tubuh
  • Melenturkan rongga pembuluh darah
  • Membantu perkembangan sel-sel tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit
  • Membantu memperbaiki kondisi kesehatan tubuh sehingga dapat memperpanjang umur
  • Menghilangkan pengaruh yang ditimbulkan oleh zat-zat racun yang ada di dalam tubuh.

Setiap alat ataupun media kesehatan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti halnya gelombang elektromagnetik yang dipancarkan melalui sinar inframerah. Berikut ini merupakan kelemahan / kekurangan penggunaan sinar inframerah dalam bidang kesehatan:

  • Pengguna (pembuatan pancaran sinar inframerah) harus disesuaikan dengan kondisi tertentu.
  • Kebanyakan alat kesehatan sinar inframerah membutuhkan arus listrik.
  • Sulitnya mengetahui kerusakan. Hal ini disebabkan tingkat kerusakan setiap komponen dari alat tersebut tidak sama, sehingga sangat sulit untuk mengetahui alat tersebut berfungsi 100% (normal).

 

Comments