TOP News
Home » Sains » Manfaat dan Kegunaan Internet

Manfaat dan Kegunaan Internet

(Pengertian Intranet) – Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.

(Manfaat dan Kegunaan Internet) – Seperti kita ketahui bahwa Manfaat internet begitu besar sehingga hampir semua bidang memanfaatkan hal ini. Di antaranya adalah di bidang bisnis, akademis, pemerintah, organisasi dan sebagainya.
Kegunaan atau Manfaat Internet dapat kelompokkan menjadi beberapa kelompok besar yaitu:
1. Internet sebagai media informasi: Fenomena internet sebagai media informasi dan telekomunikasi yang cepat mudah dan murah dengan jangkauan global menyebabkan bermunculan media online, seperti : detik, satunet, CNN, majalah, brosur dll. Keuntungan media online dibandingkan dengan media cetak adalah mengurangi biaya cetak dan distribusi.
2. Internet sebagai media promosi: Dengan mempomosikan produk di internet maka perusahaan mendapatkan bebrapa keuntungan, yaitu dapat menjangkau pelanggan atau pembeli di mana pun berada tanpa batasan waktu dan wilayah.
Beberapa keuntungan promosi di internet adalah:

  • Hanya sekali pasang/posting sebuah produk bisa di lihat secara detail oleh pengunjung. Pihak pemasang iklan dan calon pembeli mendapatkan keuntungan yang sama. Pengiklan dapat menjelaskan produknya dengan detail dan calon pembeli dapat memperoleh informasi barang yang akan di beli.
  • Pengunjungpun dapat melihat dan memilih produk di mana pun dan kapan pun tanpa batas waktu dan wilayah.
  • Dapat menentukan target calon pembeli berdasarkan wilayah atau negara.
  • Membatasi biaya promosi berdasarkan hari, bulan atau tahun. Dan dapat pula ditentukan berdasarkan jumlah biaya yang dikeluarkan.
  • Internet sebagai media komunikasi interaktif
  • Internet merupakan media alternatif yang mudah dan lebih sempurna dan lengkap dibanding dengan media tradisional yang hanya berdasarkan data analog saja. Diantara fasilitas media komunikasi interaktif yang terdapat di internet adalah e-mail, video conference, IRC (Internet Relay Chat ), dan internet phone.

3. Internet sebagai alat research and development
4. Internet sebagai media pertukaran data
5. Manfaat Internet Bagi Pelajar: -Membuat pelajar terbiasa main komputer dan mencari informasi; -Sebagai bahan tambahan pelajaran yang belum di terangkan di sekolah; -Memperluas wawasan informasi lokal maupun global; -Sarana Komunikasi

Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya.

Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

Comments