TOP News
Home » Sains » Pengenalan Singkat Tentang Arus Listrik

Pengenalan Singkat Tentang Arus Listrik

Didalam listrik statis telah diketahui bersama bahwa elektron membawa muatan listrik negatif. Elektron tersebut memiliki sifat mudah berpindah-pindah dalam penghantar (konduktor). Disamping itu, elektron juga berpindah dari tempat yang memiliki potensial rendah menuju ke tempat potensial tinggi.

Namun berbeda dengan proton, proton adalah muatan listrik positif yang tidak dapat bergerak bebas karena terikat pada inti atom dan jika memungkinkan proton untuk bergerak, maka proton akan bergerak dari potensial tinggi menuju ke potensial rendah.

Arus listrik merupakan hasil dari pergerakan elektron, walaupun arus listrik disebabkan oleh elektron, namun arah arus listrik berlawanan dengan arah gerak elektron, yang mana arus listrik akan bergerak dari potensial tinggi menuju potensial rendah.

Sumber tegangan listrik
Beberapa alat yang mampu menghasilkan arus listrik (beda potensial) disebut sebagai sumber tegangan listrik, adapun beberapa alat yang menjadi sumber tegangan listrik adalah:

  • Dinamo (generator)
  • Stop kontak
  • Aki
  • Baterai

Beberapa alat tersebut merupakan alat yang dapat menjaga supaya potensial pada ujung kawat yang satu selalu lebih tinggi daripada potensial yang ada pada ujung kawat lainnya, sehingga muatan listrik tetap mengalir.

Sumber tegangan listrik selalu menghasilkan energi listrik, energi ini selalu tergantung pada banyaknya muatan listrik yang berpindah. Semakin banyak muatan listrik yang mengalir, maka semakin banyak pula energi listrik yang dihasilkan dari sumber tegangan listrik.

Comments