TOP News
Home » Sains » Pengertian Bom Hidrogen
Pengertian Bom HidrogenBom hydrogen

Pengertian Bom Hidrogen

Bom hidrogen adalah salah satu jenis bom (peledak) yang memiliki tenaga dari hasil reaksi fusi inti–inti atom hidrogen berat yang dikenal dengan sebutan deutron. Kekuatan ledakan bom ini mencapai ratusan kali lebih besar daripada bom atom yang didahului adanya (Pembelahan) reaksi fisi yang mengakibatkan terjadinya reaksi fusi atau yang dikenal dengan penggabungan beberapa atom hidrogen.

Ketika terjadi penggabungan antara atom-atom, Hidrogen akan melepaskan tenaga / energi sangat besar yang setara dengan (plus minus) 50,000,000 buah atau sekitar 500 bom atom. Satuan untuk mengukur daya legak Bom Hidrogen adalah Megaton (TNT / Juta Ton). Ledakan yang dihasilkan dari Bom Hidrogen mampu menciptakan bola api yang berdiameter hingga beberapa kilometer diikuti dengan cendawan yang membumbung tinggi.

Kekuatan Bom Hidrogen ini lebih besar daripada kekuatan Bom Atom yang pernah menghancurkan kota Nagasaki – Japan / Jepang yang hanya menghasilkan cendawan pada ketinggian 18 km saja.

Untuk menghasilkan reaksi fusi maka inti atom terlebih dahulu harus memperoleh suhu sangat tinggi hingga jutaan derajat celcius. Salah satu benda yang sering melakukan reaksi fusi adalah Matahari, ketika terjadi Badai Matahari reaksi fusi lebih sering dilakukan.

Dalam Bom Hidrogen terdapat bom atom yang berfungsi untuk menciptakan suhu sangat tinggi ketika diledakkan. Ketika suhu yang tercipta sudah sangat tinggi maka reaksi fusi akan dapat diciptakan dan hasilnya reaksi tersebut menciptakan gas He serta dalam reaksi dilepaskan neutron secara cepat.

“Disadur dari berbagai sumber”

Comments