TOP News
Home » Sains » Pengertian dan Definisi Multimedia
Pengertian dan Definisi MultimediaPengertian dan Definisi Multimedia

Pengertian dan Definisi Multimedia

Pengertian multimedia adalah penggunaan komputer untuk menciptakan dan menggabungkan suara, gambar dan teks secara bergerak (video dan animasi) dengan menambahkan tools dan link untuk memudahkan pemakai berintegrasi, berkomunikasi maupun berkreasi.

Multimedia juga dapat diartikan suatu wadah / tempat penyimpanan yang didalamnya terdapat berbagai data termasuk graphics, animasi, video, teks, gambar.

Disamping itu, multimedia juga dapat diartikan suatu alat yang bisa menciptakan presentasi secara dinamis dan interaktif dengan mengkombinasikan teks, grafik, audio animasi dan gambar video.

Sejarah multimedia sendiri diawali oleh suatu teater / pertunjukan dimana pertunjukan tersebut memanfaatkan tidak hanya satu medium, melainkan lebih dari satu medium dan seringkali pertunjukan ini disebut sebagai pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia tersebut mencakup dari karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan dan monitor/video.

Untuk sistem multimedia sendiri dimulai ketika akhir 1980-an, sejak saat itulah setiap kali pemasok hardware maupun software juga menggandeng multimedia. Di tahun 1994, diperkirakan sudah ada lebih dari 600 sistem dan produk multimedia yang beredar di pasaran.

Dalam multimedia setidaknya terdapat 6 objek utama dan objek tersebut adalah:

  1. Teks/tulisan
  2. Image/gambar
  3. Animasi
  4. Audio/suara
  5. Video
  6. Interaktive link

Comments