TOP News
Home » Sains » Pengertian Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan
Pengertian Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan

Pengertian Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan

Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan merupakan ilmu yang mempelajari sifat-sifat fisik serta sifat kimia dari berbagai komponen yang tersusun dalam bahan makanan nabati maupun hewani, termasuk mempelajari nilai gizi dari bahan makanan tersebut.

Sifat-sifat fisik tersebut memiliki hubungan dengan segi produksi dan perlakuan sebelum serta sesudah panen seperti ketika melakukan penyimpanan, pengawetan, pengolahan, distribusi, pemasaran sampai ke pengguna (konsumen) tanpa melupakan hubungannya dengan keamanan / kesehatan dari para pengguna.

Sehingga nantinya pengetahuan mengenai bahan pangan (makanan), hasil olahan dapat diperbaiki mutunya atau dapat dipertahankan.

Pada dasarnya bahan makanan tersusun oleh tiga macam komponen yaitu karbohidrat, protein, lemak dan turunannya. Sedangkan komponen sisanya hanya sebagian kecil dari berbagai macam zat organik seperti enzim, oksidan, zat penyebab asam, antioksidan serta pigmen dan zat penyebab bau (flavor), rasa dan air.

Pada setiap bahan makanan komponen-komponen tersebut sangatlah bervariasi jumlahnya, sehingga nantinya akan membentuk tekstur, struktur, bau, rasa, kandungan gizi dan warna yang berbeda.

Comments