TOP News
Home » Sains » Pengertian Tukak usus atau Tukak Lambung (Sakit Perut)

Pengertian Tukak usus atau Tukak Lambung (Sakit Perut)

Pengertian Tukak usus atau Tukak Lambung (Sakit Perut) – Tukak lambung atau tukak usus ini merupakan luka yang terdapat pada lapisan bagian dalam dari lambung atau usus. Apabila seseorang mengalami tukak usus atau tukak lambung biasanya merasakan nyeri di saluran pencernaannya.

Berdasarkan sifatnya, tukak lambung dan tukak usus dapat dibedakan sebagai berikut:

  • Tukak Lambung : lebih sering terjadi pada pria usia lanjut (60 tahun atau lebih). Penyembuhannya memerlukan waktu lebih lama dibandingkan tukak usus, karena luka di lambung terus-menerus bersentuhan dengan asam lambung.
  • Tukak Usus : muncul di bagian awal usus kecil, lebih sering terjadi pada wanita. Jumlah penderitanya lebih banyak dibandingkan tukak lambung, dan lebih sering muncul pada usia lebih muda dibandingkan tukak lambung (30 tahun atau lebih).

Penyebab Tukak Lambung
Makanan pedas yang selama puluhan tahun diyakini sebagai penyebab tukak, kini sudah tidak lagi dianggap sebagai penyebab utama.
Penyebab utama tukak ternyata adalah infeksi oleh bakteri Helicobacter pylori.

Penyebab lainnya adalah:

  • Obat – obat anti radang yang bukan senyawa steroid, atau dikenal dengan NSAIDs (Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs), yang dikonsumsi dalam jangka panjang
  • Merokok
  • Stress dan mengkonsumsi alcohol dala jumlah berlebihan tidak dianggap sebagai penyebab, namun dapat memperburuk kondisi tukak yang sudah ada, atau bersama-sama dengan factor infeksi, obat antiradang dan merokok akan menyebabkan munculnya tukak.

Helicobacter pylori atau H.pylori merupakan bakteri yang hidup dan berkembang biak di air minum dan makanan yang tidak ditangani secara higienis atau dimasak dengan benar. Sebagian besar penderita tukak memperoleh infeksi H.pylori sejak masa kanak-kanak, namun gejalanya beru muncul beberapa puluh tahun kemudian.

H.pylori merupakan salah satu bakteri yang tahan terhadap asam lambung, sedangkan sebagian besar bakteri lainnya akan mati karena tidak tahan asam lambung.

Comments