TOP News
Home » Sains » Pengertian Tumbuhan Venus (Insektivora Flytrap)
Pengertian Tumbuhan Venus (Insektivora Flytrap)Tumbuhan venus fly trap

Pengertian Tumbuhan Venus (Insektivora Flytrap)

Tumbuhan Venus atau The Venus Flytrap seperti adalah tanaman yang mendapatkan nutrisinya dengan menangkap serangga. Perlu diketahui bahwa serangga hanya dimanfaatkan tumbuhan venus untuk memenuhi nutrisi dan bukan untuk memenuhi energi.

Seperti yang telah kita ketahui, tanaman memerlukan zat hara disamping air untuk proses fotosintesis sebagai media pembentukan energi, lebih tepatnya tumbuhan memerlukan unsur-unsur seperti nitrogen, fosfor, dan karbon sebagai bahan baku proses fotosintesis. Pada umumnya beberapa tumbuhan mendapatkan bahan-bahan tersebut dari tanah tempat tumbuhan tersebut tumbuh menggunakan proses kapilarisasi di akarnya, akan tetapi tumbuhan Flytrap ini biasanya tumbuh di daerah yang tanahnya minim akan kandungan bahan anorganik dan mineral lainnya. Oleh karena itu Tumbuhan Venus Flytrap beradaptasi guna memperoleh zat hara tersebut dengan cara yang berbeda yakni dengan memangsa serangga seperti belalang, laba-laba, kumbang, jangkrik dan lain-lain.

Tumbuhan venus disebut juga tumbuhan pemangsa serangga dan tumbuhan Venus juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang ter Unik di dunia. Tanaman venus memiliki keahlian dalam menangkap serangga, sehingga venus juga dikategorikan tanaman insektivora.

Dengan tampilan dan aroma yang khas tumbuhan venus mampu mengecoh serangga untuk menghampirinya, banyak serangga yang hinggap di tumbuhan venus tanpa ada rasa curiga sedikitpun meski diintai oleh venus. Sistem elektrik rumit yang terdapat pada tumbuhan Venus memiliki peranan penting dalam menangkap mangsanya, dimana tumbuhan ini mampu menutup daun-daunnya dengan gerakan yang cepat ketika serangga hinggap diantara daun yang terbuka.

Ciri-ciri tumbuhan venus – Tumbuhan yang memiliki nama latin Dioneae muscipula ini mempunyai bentuk daun mirip dengan buku yang terbuka, bagian dalam dari tumbuhan venus memiliki warna merah yang menawan dan hal ini mampu menarik perhatian serangga yang ada disekitarnya. Selain itu pada bagian tengah daun venus mengeluarkan kelenjar / cairan dan bau sedap yang membuat serangga semakin penasaran untuk menghinggapinya.

Ketika serangga hinggap diantara permukaan daun maka sistem sensor pada tumbuhan venus akan mengaktifkan sistem elektrik rumit sehingga daun tersebut akan menutup rapat-rapat, gerakan serangga yang ingin membebaskan diri dari dalam daun tersebut menjadikan daun semakin mengapit erat. Tak jarang serangga yang tak bisa lolos dari jeratan tumbuhan venus.

Tanaman Venus (Tumbuhan Pemangsa Serangga)

Tanaman Venus (Tumbuhan Pemangsa Serangga)

Comments