TOP News
Home » Sains » Ukuran Kelengkapan Permainan Bola Basket
Ukuran Kelengkapan Permainan Bola BasketPermainan bola basket

Ukuran Kelengkapan Permainan Bola Basket

diwarta.com – Permainan olah raga bola basket merupakan salah satu permainan yang dilakukan dilapangan dengan ukuran tertentu. Dimana ukuran lapangan bola basket tentu saja tidaksama dengan ukuran lapangan sepak bola maupun ukuran lapangan bola volly.

Sejarah permainan bola basket sendiri dikenalkan oleh seorang guru bernama Dr. James Naismith pada tahun 1981. Beliau kala itu sedang mengajar di perguruan tinggi bagi siswa profesional di Springfield, Massachusetts.

Untuk mengisi waktu para murid diwaktu liburan musim dingin didaerah New England, Naismith, terinspirasi permainan yang pernah dimainkannya sewaktu kecil di Ontario. Dengan inspirasi tersebut, Naismith pada tahun 15 Desember 1891 menciptakan suatu permainan yang sekarang dikenal dengan bola basket.

Ukuran lapangan bola basket

Ukuran lapangan bola basket

Lapangan bola basket memiliki bentuk persegi panjang dan memiliki beberapa bagian seperti lapangan utama, daerah tembakan hukuman, penyangga, papan pantul dan keranjang.

Berikut ini merupakan beberapa kelengkapan permainan bola basket beserta ukurannya termasuk, ukuran lapangan bola basket:

  1. Lapangan Bola Basket: 28 meter x 15 meter, ukuran ini dihitung dari batas garis sebelah dalam. Pada tengah lapangan terdapat lingkaran dengan jari-jari 1,80 meter dengan ukuran jari-jari lingkaran diukur dari sebelah luar garis lingkaran.
  2. Garis Tembakan Hukuman: Garis tembakan ini berada di daerah bersyarat.
  3. Papan Pantul: Papan pantul dibuat dari kayu maupun bahan lain yang sifatnya sama dengan ketebalan papan 3 cm.  Papan pantul untuk bola basket memiliki ukuran 1,80 meter x 1,20 meter dengan garis bingkai empat persegi panjang pada bagian tengahnya yang berukuran 0,59 meter x 0,45 meter.
  4. Tiang Penyangga: Tiang penyangga atau yang dikenal dengan simpei terbuat dari besi yang memiliki garis tengah 20 mm, simpei berdiri memiliki ketinggian dari atas lantai 3,03 meter.
  5. Bola Basket: Bola basket terbuat dari bahan karet yang dilapisi dengan bahan sintetis. Bola basket memiliki kuran keliling bola sekitar 75 cm s.d. 78 cm dengan berat antara 600 gram s.d. 650 gram. Ketentuan standar bola ketika berisi udara adalah jika dipantulkan ke lantai yang keras dari ketinggian 1,80 meter, bola tersebut memantul setinggi antara 1,20 meter s.d. 1,40 meter.

Comments