Kekurangan Yodium Sebabkan Kelainan Kelenjar Tiroid

(Kekurangan Yodium menimbulkan Kelainan Kelenjar Tiroid) – Yodium dalam kesehatan memiliki peranan sebagai bahan baku untuk memproduksi hormon tiroid. Sintesis serta sekresi hormon T3 dan T4 ini diatur oleh hormon TSH. Hormon T3 dan T4 memiliki peran mengatur suhu badan, denyut jantung, pergerakan usus, kekuatan otot dan metabolisme lemak.

Yodium merupakan salah satu zat penting, dimana Yodium ini memiliki peranan dalam pembentukan hormon tiroid. Namun orang berada didaerah dataran tinggi cenderung berisiko mengalami kekurangan zat yodium, hal ini disebabkan oleh struktur tanah didaerah tersebut biasanya memiliki kandungan yodium yang sedikit. Oleh sebab itu, tidak ada ruginya untuk mewaspadai akan adanya gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh kekurangan yodium serta gangguan kesehatan kelenjar tiroid.

Asupan Yodium dapat diperoleh dari makanan serta minuman yang tergantung dari tanah asalnya. Menurut Prof Dr dr Sri Hartini KS Kariadi, SpPD-KEMD tanah dataran tinggi biasanya memiliki kandungan yodium yang lebih sedikit.

Yodium ini dapat diperoleh dari berbagai makanan seperti sayur-sayuran, dimana kandungan yodium didalam sayuran tersebut dipengaruhi oleh struktur tanah dan kondisi udara. jika yodium didalam tanahnya sedikit maka kandungan yodium yang terdapat dalam sayur-sayuran pun juga sedikit.

Mungkin selama ini orang mengetahui dampak kekurangan yodium hanya bisa mengakibatkan gondok atau kretin, namun ternyata dampak kekurangan yodium tidak hanya itu, kekurangan yodium juga dapat menyebabkan menurunnya kapasitas intelektual serta menyebabkan keterbelakangan mental.

Menurut Prof Sri, bahwa apabila 5 hingga 10 persen penduduk di suatu daerah mengalami gondok, maka hal ini dikatakan dengan endemik gondok. Hal ini biasanya terjadi di daerah pegunungan yang mana disebabkan oleh sedikitnya kandungan yodium dalam tanah.

Apabila seseorang mengalami kekurangan yodium maka dapat memicu munculnya pembesaran kelenjar tiroid atau gondok, hal ini disebabkan oleh kelenjar tiroid akan bekerja lebih keras untuk mencukupi kebutuhan hormon tiroid. Apabila kelenjar tiroid mampu memenuhi kebutuhan hormon tiroid, maka kemungkinan besar tidak akan terjadi gangguan pada fungsi tiroid, namun apabila kebutuhan akan hormon tiroid tidak terpenuhi akan dapat menimbulkan gangguan fungsi tiroid yang biasa disebut dengan gondok dan bahkan mungkin disertai dengan hipotiroid (kekurangan hormon tiroid).

Untuk mengetahui seseorang apakah kekurangan yodium yang tidak ber gejala dapat dilakukan Skrining. Pemberian garam beryodium adalah salah satu tindakan yang paling murah dan mudah untuk menghindari terjadinya kekurangan zat yodium. Perlu diingat bahwa, dalam pemakaian Yodium usahakan jangan sampai berlebihan, dikarenakan asupan yodium yang berlebihan dapat menghambat pengeluaran hormon tiroid atau (sekresi hormon tiroid). Menurut Prof Sri Hartini asupan yodium yang berlebihan dapat menghambat pengeluaran hormon tiroid yang seolah-olah tubuh tidak menerima hormon tersebut, akibatnya kadar TSH akan meningkat yang dapat memicu terjadinya gondok.

Asupan Yodium yang tidak berlebihan terhadap tubuh sangatlah penting dan diperlukan oleh tubuh, oleh sebab itu sebisa mungkin setiap hari dapat mengkonsumsi yodium secukupnya untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan.

Ref:

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …