Waspadai Gangguan Kesehatan di Balik Rasa Manisnya Gula

(Gangguan Kesehatan di Balik Rasa Manisnya Gula) – Gula yang memiliki rasa manis memang sangat menggoda lidah, namun ternyata gula juga bisa dianggap racun serta memiliki sifat adiktif seperti alkohol dan rokok, oleh karenanya perlu ada peraturan khusus untuk mengatur asupan gula kedalam tubuh, hal ini sesuai dengan apa yang dikabarkan dari laman Dailymail, pada hari Kamis (2/2/2012).

Menurut sebuah peneliti dari University of California, kebijakan baru tentang penjualan gula seperti penetapan pajak dan dirasa perlu untuk menetapkan perundang-undangan yang bertujuan untuk mengontrol pengonsumsiannya.

Jika seseorang telah kecanduan Gula perlahan namun pasti akan memicu masalah kesehatan yang baru, seperti kelebihan berat badan (kegemukan), penyakit jantung serta liver. Tidak hanya itu, peneliti juga mengklaim kurang lebih sekitar 35 juta orang meninggal dunia setiap tahun di seluruh dunia dikarenakan tak terkendalinya pengonsumsian gula.

Selama lima puluh tahun terakhir pengonsumsian gula di seluruh dunia meningkat tiga kali lipat. Peneliti juga mengingatkan jika kini masalah obesitas merupakan masalah yang lebih serius dibandingkan malnutrisi di seluruh dunia.

Gula yang memiliki rasa manis ini tidak hanya membuat orang menjadi gemuk, namun juga dapat mengubah metabolisme tubuh, menaikkan tekanan darah, membuat hormon tidak seimbang dan dapat membahayakan liver.

Untuk menjaga kesehatan maka sebaiknya mulai sekarang menerapkan pola makan yang sehat dan melakukan olah raga rutin serta membatasi pengonsumsian makanan dan minuman yang mengandung kadar gula berlebihan. Lebih baik diusahakan untuk selalu memperbanyak minum air putih yang sehat, disamping menyegarkan air putih juga sangat efektif membantu menjaga kesehatan tubuh.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …