4 Cara Mudah Untuk Menghilangkan Stres

(4 Cara Mudah Untuk Menghilangkan Stres) – Rutinitas sehari-hari yang padat dapat memicu stres. Hal ini mengharuskan anda untuk istirahat sejenak dari berbagai aktifitas tersebut. Namun, ketika anda sedang tidak ada waktu untuk berlibur mungkin 4 hal berikut mampu mengusir stres anda.

1. Hipnotis diri
Mencoba berusaha untuk melupakan beban pekerjaan yang mungkin ada selama ini. David Spiegel seorang Direktur Pusat Kesehatan dan Stress Standford School mengatakan “Hipnotis merupakan suatu tingkat perhatian yang fokus tertinggi”.  Hipnotis diri jika dilakukan dengan benar, maka hipnotis mampu menghilangkan stres, mengurangi risiko tekanan darah dan tekanan pada otot.

Sebagai contoh coba anda bayangkan sesuatu yang bisa membuat Anda stres, kemacetan panjang misalnya. kemudian, bayangkan juga sebuah solusi, seperti jalan besar tanpa kemacetan dengan pemandangan yang indah disekitar jalan tersebut. “Anda akan melilhat dan merasakan sebuah momen di mana Anda masuk di dalamnya lebih dalam.” Coba lakukan ini selama kurang lebih 5 menit, tiga atau empat kali dalam sehari.

2. Memaafkan
Menurut Charlotte Vanoyen seorang Psikolog dari Hope College mengatakan bahwa “Memaafkan mampu membantu melihat kebenaran yang sebenarnya, disaat marah indra berada pada ruang lingkup yang sangat terbatas,”. Dengan memaafkan maka dapat melepaskan energi negatif, sehingga sangat efektif untuk mengusir stres. Oleh karena itu sesakit apapun rasa yang ditinggalkan oleh seseorang, anda harus mampu dengan tulus untuk menghapus amarah anda dan memaafkan orang yang menyakiti anda.

3. Membuka Jendela Ruangan
Sebuah studi dari Peter Khan seorang Psikolog Universitas Washington membuktikan bahwa “Mereka yang selalu melihat tampilan digital tidak lebih baik dari pada mereka yang melihat dinding kosong, hal ini menunjukkan bahwa otak tidak mudah tertipu”. Oleh karena itu dengan melihat ke luar jendela dan memandang keindahan alam dapat mengembalikan detak jantung menjadi normal lebih cepat. Peter Khan juga mengatakan jika mental dan fisik akan membaik sewaktu kita terhubung dengan alam.

4. Mencari cahaya matahari
Siapa sangka cahaya matahari mampu menghilangkan stres. Kondisi stres yang dipicu ketika tidak mengetahui waktu / jam berapa saat ini menjadikan matahari sangat berarti. Kontak mata dengan matahari memiliki peran penting untuk menginformasikan otak mengenai jam biologis. Beraktifitas dibawah paparan sinar matahari seperti jalan kaki selama 20 menit di pagi hari juga dapat membantu mengilangkan stres.

Stres jika tidak segera ditangani lama-lama akan menjadikan psikologis terganggu, oleh karenanya semaksimal mungkin berusaha untuk menghilangkan stres dan ke empat cara tersebut tidak ada salahnya dilakukan demi kesehatan psikologis anda.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …