Pengertian Teknonisme (Gerak Epirogenetik dan Gerak Orogenetik)

1) Lipatan (Kerutan)
Lipatan dapat terbentuk ketika dua buah lempeng kerak Bumi yang saling berhadapan bertabrakan. Lapisan batuan yang ada pada kerak Bumi memperoleh tekanan hebat yang mengakibatkan terjadinya pelipatan lapisan batuan. Proses pelipatan lapisan batu-batuan ini adalah awal pembentukan pegunungan lipatan.

Salah satu contoh pembentukan pegunungan lipatan adalah gunung Himalaya. Terlipatnya lapisan batuan tersebut mampu mendorong terbentuknya perbukitan (antiklinal) serta lembah (sinklinal). Dalam suatu wilayah yang luasya terkadang juga dapat dijumpai deretan antiklinal secara berulang-ulang (antiklinorium) ataupun rangkaian sinklinal (sinklinorium). Tekanan dengan tingkat tenaga yang berlainan pada lapisan batuan dapat membentuk lipatan yang berbeda. Berikut ini merupakan gambaran terjadinya antiklinorium dan sinklinorium dan jenis lipatan batuan pada lempeng kerak bumi.

lipatan lempeng kerak bumi

Kerutan lapisan kulit bumi atau yang disebut juga dengan lipatan lapisan kulit bumi adalah suatu gerakan tekanan secara horizontal dan dapat menyebabkan lapisan kulit bumi menjadi lebih elastis berkerut, melipat serta dapat menyebabkan relief-relief muka bumi menyerupai pegunungan. Disini Lipatan (kerutan) lapisan kulit bumi terbagi atas: Lipatan rebah, Lipatan tegan dan Lipatan Condong. Pegunungan yang memiliki lipatan-lipatan disebut juga dengan ANtiklinal serta lembah lipatan yang disebut juga dengan Sinklinal.
Contoh:

  • Pegunungan Ural dan Allegani merupakan pegunungan kategori pegunungan tua. Lipatan pada gunung tersebut terbentuk ketika masih zaman primer.
  • Pegunungan Muda, seperti halnya beberapa jenis pegunungan di Mediterania dan Pegunungan Sirkum Pasifik yang lipatan pada gunung tersebut terjadi pada zaman tersier.

Rangkaian Pegunungan Mediterania yang diawali dari Pegunungan Atlas, Alpen, Balkan, Asia Muka, Himalaya, Hindia Belakang, Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, sampai Maluku. Sedangkan Sirkum Pasifik memanjang diawali dari pantai pasifik, Amerika, jepang, Filipina, Papua (irian Jaya), Australia, sampai Selandia Baru.

jenis jenis lipatan batuan

Check Also

Pengertian Vulkanisme dan Bentuk Bentuk Instrusi Magma

Vulkanisme merupakan peristiwa atau proses yang berhubungan dengan naiknya magma (larva pijar) dari dalam perut …