Instrusi / ekstrusi magma
Instrusi / ekstrusi magma

Pengertian Erupsi dan Tanda-tanda Terjadinya Erupsi

Gunung api meletus dikarenakan magma di dalam perut bumi didorong keluar oleh gas yang tekanan tinggi atau karena gerakan lempeng bumi, tumpukan tekanan dan panas cairan magma. Letusannya membawa abu dan batu yang menyembur dengan keras, sedangkan lavanya bisa membanjiri daerah sekitarnya. Gunung api bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar pada wilayah radius ribuan kilometer dan bahkan bisa mempengaruhi putaran iklim di bumi ini, seperti yang terjadi pada Gunung Pinatubo di Filipina dan Gunung Krakatau di Propinsi Banten, Indonesia.

Dampak Hasil letusan gunung api Gas Vulkanik, Lava dan aliran pasir serta batu panas, Lahar, Tanah longsor Gempa bumi, Abu letusan Awan panas (Piroklastik). Gas vulkanik adalah gas-gas yang dikeluarkan saat terjadi letusan gunung berapi. Gas-gas yang dikeluarkan antara lain Karbon Monoksida (CO), Karbon Dioksida (CO2), Hidrogen Sulfida (H2S), Sulfur Dioksida (SO2) dan Nitrogen (N2) yang membahayakan bagi manusia.

Lava adalah cairan magma bersuhu sangat tinggi yang mengalir ke permukaan melalui kawah gunung berapi. Lava encer mampu mengalir jauh dari sumbernya mengikuti sungai atau lembah yang ada, sedangkan lava kental mengalir tidak jauh dari sumbernya.

Gunung berapi

Check Also

Instrusi / ekstrusi magma

Pengertian Vulkanisme dan Bentuk Ekstrusi Magma

(Pengertian Vulkanisme dan Bentuk Ekstrusi Magma) – Vulkanisme adalah suatu gejala alam sebagai akibat adanya …