Pengertian Antioksidan dan Radikal Bebas

52 sec read

vitamin anti-oksidan

Antioksidan adalah sebutan terhadap zat yang berperan untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Beberapa zat yang termasuk dalam antioksidan diantaranya adalah polipenol, mineral, vitamin dan karotin. Pada umumnya zat ini sangat berperan untuk mencegah tubuh terserang penyakit.

Dalam prosesnya antioksidan melindungi / mencegah tubuh dari serangan radikal bebas dengan cara menekan terjadinya kerusakan sel dalam tubuh yang disebabkan oleh proses oksidasi radikal bebas.

Radikal bebas pada umumnya berasal dari molekul oksigen yang secara kimia strukturnya mengalami perubahan akibat dari aktifitas lingkungan seperti beberapa diantaranya adalah merokok, polusi udara, radiasi dan masih banyak lagi.

Formation Freeradicals (Formasi Radikal bebas)
Formation Freeradicals (Formasi Radikal bebas)

Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh berusaha mencuri elektron yang terdapat pada molekul lain seperti sel dan DNA. Pencurian elektron ini terjadi jika radikal bebas mampu merusak sel dan DNA, jika tubuh hanya memiliki sedikit antioksidan maka radikal bebas akan lebih mudah merusak sel dan DNA. Kondisi tersebut tidak segera ditangani dapat memicu munculnya berbagai masalah kesehatan seperti mudah terserang infeksi, mudah tertular penyakit dan yang paling parah adalah dapat menyebabkan kanker.

Tak dapat dipungkiri jika radikal bebas sering merusak sel dapat menyebabkan sel yang ada dalam tubuh menjadi tidak setabil, sehingga berpotensi terhadap proses penuaan dini.

Antioxidants fruits (buah antioksidan)
Antioxidants fruits (buah antioksidan)

Oleh sebab itu tubuh sangat memerlukan Antioksidan sebagai senyawa yang dapat menyuplay elektron terhadap senyawa yang bersifat oksidan, sehingga nantinya senyawa oksidan yang dapat merusak sel tubuh tersebut dapat dihambat.

Pengertian dan Bagian-bagian Paragraf

Paragraf adalah seperangkat atau sekelompok kalimat yang tersusun dari satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas. Contoh : Paragraf deduktif, Tidur merupakan keadaan dimana...
Moh Nurrofiq
2 min read

Pengertian Dokumentasi dan 5 Fungsi Dokumentasi

Dokumentasi adalah sebuah cara yang dilakukan untuk menyediakan berbagi macam dokumen. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bukti yang akurat dari pencatatan sumber-sumber informasi....
Moh Nurrofiq
1 min read

Kumpulan Arti dan Pengertian Molekul

Sebuah molekul adalah gugusan yang secara elektris netral yang tersusun dari dua atau lebih atom yang saling berikatan melalui ikatan kimia. Molekul dibedakan dari...
Moh Nurrofiq
1 min read