Advertising / Promosi / Periklanan
Advertising / Promosi / Periklanan

Pengertian Periklanan / Promosi (Advertising)

Apa yang dimaksud dengan Periklanan?

Periklanan (Advertising) merupakan suatu bentuk komunikasi dengan tujuan mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi pada umumnya mencakup nama produk atau layanan serta bagaimana produk dan layanan tersebut dapat memberikan manfaat bagi pembeli dalam rangka untuk mengajak calon pembeli yang memiliki potensial untuk membeli atau mengkonsumsi produk tertentu.

Kegiatan promosi atau yang biasa disebut dengan Advertising mempunyai tujuan khusus, yaitu untuk membujuk, mempengaruhi dan menginformasikan serta mengingatkan seorang pengguna (pelangggan) tentang perusahaan ataupun berbagai produk/jasa yang dimilikinya.

Dalam melakukan periklanan / promosi diketahui ada beberapa karakteristik didalamnya, yakni:

  • Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
  • Nonpersonal komunikasi.
  • Menggunakan media massa sebagai massifikasi pesan.
  • Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
  • Bersifat mempersuasi khalayak.
  • Memiliki tujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.

Pengertian Periklanan dan marketing

Intinya promosi dilakukan untuk memperkenalkan atau menginformasikan suatu produk/jasa kepada konsumen, setelah konsumen (pelanggan) mengetahui produk tersebut, diharapkan konsumen dapat terpengaruh serta terbujuk sehingga beralih ke produk/jasa yang dipromosikan tersebut.

Apa tujuan semua periklanan?

Periklanan memiliki tiga tujuan dasar: menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan audiens yang ada saat ini dan pelanggan potensial. Menginformasikan (informing). Melalui iklan, perusahaan menciptakan kesadaran tentang merek, produk, atau perusahaan.

Apa tujuan utama dari promosi penjualan?

Memberikan informasi yang jelas kepada khalayak ramai yang salah satu tujuan promosi yaitu untuk meningkatkan penjualan barang atau jasa. Sehingga jumlah penjualan produk yang dimiliki oleh perusahaan terus meningkat. Selain itu, promosi juga bertujuan untuk mengikat para pelanggan agar tetap menggunakan produk usaha miliknya.