Perbedaan antara Molekul dan Senyawa

(Perbedaan antara Molekul dan Senyawa) – Senyawa adalah zat murni yang terdiri dari dua unsur atau lebih yang bergabung melalui reaksi kimia. Molekul didefinisikan sebagai sekelompok atom (paling sedikit dua) yang saling berikatan dengan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta cukup stabil.

Istilah atom memiliki arti yang sama dengan unsur, yaitu bagian terkecil dari suatu zat. Salah satu contoh unsur atau atom yang sering diungkapkan adalah hidrogen (H), karbon (C), oksigen (O). Perbedaan Atom dan Unsur sendiri terletak terletak pada penggunaannya dalam kalimat. Atom merupakan kata benda konkrit, sedangkan unsur merupakan kata benda yang merujuk sifat.

Maka dari itu kita bisa menyimpulkan bahwa Setiap senyawa adalah molekul, tetapi tidak semua molekul adalah senyawa. Jadi senyawa adalah himpunan bagian dari molekul.

Molekul bisa dibedakan memnajdi dua , yaitu:

  • Molekul unsur: ikatan kimia yang terdiri dari satu jenis atom, misal O2, H2, P4, S8. Molekul unsur bukan merupakan senyawa.
  • Molekul senyawa: ikatan kimia yang terdiri dari dua jenis atom atau lebih, misal H2O, CO2, H2SO4. Ketiga contoh tsb merupakan senyawa.

Pengertian Ion – Ion adalah atom yang bermuatan listrik, ion yang bermuatan listrik disebut kation, dan ion yang bermuatan negatif disebut anion. Kation dan anion dapat berupa ion tunggal hanya terdiri dari satu jenis atom atau dapat pula berupa ion poliatom mengandung dua atau lebih atom yang berbeda.