Jenis-jenis Gangguan Penglihatan beserta Penyebabnya

Jenis jenis gangguan penglihatan

Apa penyebab gangguan pada mata?

Gangguan biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau virus. Tapi paparan bahan kimia atau polutan yang mengiritasi mata juga bisa menjadi penyebabnya. Selain mata merah yang menjadi ciri khasnya, gejala konjungtivitis bisa berupa belekan dalam jumlah banyak sampai membuat Anda susah membuka kelopak mata.

(Jenis-jenis Gangguan Penglihatan beserta Penyebabnya) – Dalam perkembangannya, banyak manusia yang mengalami gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan itu sering disebut juga sebagai cacat mata. Beberapa macam contoh dari cacat mata adalah:

Apa saja gangguan mata?

  • Miopi (rabun jauh/mata dekat). Penderita miopi memiliki mata yang tidak dapat melihat benda jauh dengan jelas karena daya akomodasinya terlalu lemah. Pada penderita miopi, bayangan benda jatuh di depan retina. Cacat mata miopi dapat dibantu dengan cara menggunakan kacamata lensa positif (cembung).
  • Hipermetropi (rabun dekat/mata jauh). Penderita hipermetropi memiliki mata yang tidak dapat melihat benda-benda pada jarak dekat. Karena daya akomodasi yang lemah, bayangan benda jatuh di belakang retina. Cacat mata hipermetropi dapat dibantu dengan menggunakan kacamata lensa negatif (cekung).
  • Presbiopi (mata tua). Presbiopi adalah cacat mata yang timbul akibat daya akomodasi mata berkurang.Hal ini disebabkan karena faktor pertambahan usia sehingga letak titik dekat dan titik jauh mata bergeser. Penderita presbiopi dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap (lensa positif dan negatif sekaligus).
  • Astigmatisma. Astigmatisma adalah cacat mata yang disebabkan karena kornea mata tidak berbentuk sferis (irisan bola), melainkan melengkung pada satu bidang dari bidang yang lain (berbentuk silinder). Penderita astigmatisma dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa silindris.

Apa yang menyebabkan rabun jauh?

Penyebab Rabun Jauh – Rabun jauh disebabkan karena kelainan refraksi pada mata. Hal tersebut menyebabkan cahaya masuk ke mata dan fokus cahaya jatuh didepan retina. Rabun jauh dapat dipicu oleh dua faktor, yaitu: Faktor keturunan, seperti anak dari orang tua yang mengidap penyakit rabun jauh.

Apakah mata minus termasuk gangguan penglihatan?

Salah satu bentuk pengobatannya dengan menggunakan alat bantu penglihatan, yakni dengan kacamata minus atau lensa kontak. Mata minus atau rabun jauh (miopia) merupakan gangguan penglihatan yang paling umum terjadi.

Apa penyebab penglihatan mata kabur?

Mata kabur bisa disebabkan oleh beragam hal dan bisa terjadi pada satu atau kedua mata. Penyebab mata kabur yang sering terjadi adalah kelainan refraksi mata, seperti rabun dekat, rabun jauh, presbiopi, dan astigmatisme. Mata kering juga menjadi salah satu faktor lain yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur.

Check Also

Berikut ini adalah cara Eratosthenes mengukur keliling bumi

Eratosthenes merupakan salah satu cendekiawan Yunani yang hidup di Alexandria, sebuah kota di Mesir. Dari …