Jenis Gempa Bumi Vulkanik Terbesar di Dunia

(Jenis Gempa Bumi Vulkanik Terbesar di Dunia) – Gempa bumi vulkanik adalah salah satu gempa bumi yang disebabkan oleh letusan gunung berapi. Getaran yang terasa adalah akibat dari aktivitas magma yang terjadi dalam gunung berapi tersebut. Jenis gempa bumi vulkanik (bukan Gempa Bumi Tektonik) ini seringkali terjadi di dunia. Berikut ini merupakan beberapa jenis gempa bumi vulkanik terdahsyat yang pernah terjadi di dunia.

Mauna Loa
Gunung berapi Mauna Loa merupakan gunung berapi terbesar dan paling aktif di dunia. Aktivitasnya menyebabkan letusan gunung dahsyat dengan jenis gempa bumi vulkanik yang mengiringinya sebanyak 30 kali sejak 1843 hingga 1984.

Eyjaf Jallajokull
Jenis gempa vulkanik yang terjadi di gunung ini menghasilkan abu vulkanik yang merugikan beberapa perusahaan penerbangan di Islandia. Lalu lintas udara di kawasan Eropa menjadi morat-marit akibat bencana ini.

Mount Pelee
Gunung Pelee ini meletus dan menghasilkan jenis gempa bumi vulkanik pada bulan Mei 1902. Korban yang berjatuhan cukup banyak, hampir 30.000 orang meninggal dunia akibat bencana ini. Gempa bumi vulkanik yang terjadi sudah meluluhlantakkan Santo Pierre.

Check Also

Berikut ini adalah cara Eratosthenes mengukur keliling bumi

Eratosthenes merupakan salah satu cendekiawan Yunani yang hidup di Alexandria, sebuah kota di Mesir. Dari …