Sains
Sains

Jenis-Jenis Vitamin dan Manfaatnya

Vitamin D
Salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani (ikan, telur, susu, dan produk olahannya, seperti keju) adalah vitamin D. Bagian tubuh yang paling banyak dipengaruhi oleh vitamin D adalah tulang. Vitamin ini mampu membantu metabolisme kalsium dan mineral tulang.

Jika kadar vitamin D rendah, pertumbuhan kaki akan tidak normal, yaitu membentuk huruf O dan X. Selain itu, gigi akan cepat rusak dan otot akan mengalami kekejangan. Kelebihan vitamain D akan mengakibatkan tubuh mengalami diare, berat badan menurun, muntah-muntah, dan dehidrasi yang berlebihan.

Vitamin C
Asam askorbat atau vitamin C banyak sekali memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam tubuh sebagai senyawa pembentuk kolagen (protein penting penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya).

Vitamin ini juga termasuk senyawa anioksidan alami yang dapat mencegah berbagai radikal bebas dari polusi di sekitar lingkungan kita. Buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi adalah jeruk.

Check Also

Pengertian Narkoba dan Dampak Mengkonsumsi Narkoba

(Pengertian Narkoba dan Dampak Mengkonsumsi Narkoba) – Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. …