Sains
Sains

Jenis-Jenis Vitamin dan Manfaatnya

Vitamin B
Secara garis besar, vitamin B mempunyai peranan penting dalam metabolisme tubuh, terutama berkaitan dengan pelepasan energi saat beraktivitas. Peranannya di dalam tubuh adalah sebagai senyawa koenzim yang mampu meningkatkan laju reaksi metabolisme tubuh terhadap berbagai jenis sumber energi.

Sementara itu, beberapa jenis vitamin yag termasuk dalam kelompok vitamin B juga mempunyai peran dalam pembentukan sel darah merah (eritrosit). Gandum, susu, dan sayur-sayuran hijau, adalah sumber utama vitamin B.

Vitamin A
Vitamin ini dikenal dengan nama retinol dan merupakan vitamin yang berperan baik dalam pembentukan indra penglihatan, terutama pada malam hari. Vitamin A juga sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh.

Vitamin A memiliki sifat mudah rusak oleh paparan panas, cahaya matahari, dan udara. Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah ikan, susu, sayur-sayuran (terutama yang berwarna kuning dan hijau), dan buah-buahan (terutama yang berwarna kuning dan merah, misalnya cabai merah, wortel, papaya, dan pisang).

Check Also

Pengertian Narkoba dan Dampak Mengkonsumsi Narkoba

(Pengertian Narkoba dan Dampak Mengkonsumsi Narkoba) – Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. …