Pengertian Penyakit Emfisema – Kronik di Paru

(Pengertian Penyakit Emfisema) – Emfisema adalah penyakit kronik di paru yang irrever­sible dan progresif. Pe­nya­kit ini dikarakteristikkan de­ngan kerusakan di jaringan pa­­ru. Hilangnya elatisitas alami paru dan rusaknya jalan udara di paru membuat me­to­de inhalasi tidak efektif. Pen­derita emfisema akan meng­alami hiperinflasi karena tidak mendapatkan udara cukup ke paru-paru mereka.

  • Penyebab: Emfisema disebabkan karena hilangnya elastisitas alveolus. Alveolus sendiri adalah gelembung-gelembung yang terdapat dalam paru-paru. Pada penderita emfisema, volume paru-paru lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat karena karbondioksida yang seharusnya dikeluarkan dari paru-paru terperangkap didalamnya. Asap rokok dan kekurangan enzim alfa-1-antitripsin adalah penyebab kehilangan elastisitas pada paru-paru ini.
  • Gejala: Sesak napas dalam waktu lama dan tidak dapat disembuhkan dengan obat pelega yang biasa digunakan penderita sesak napas. Nafsu makan yang menurun dan berat badan yang menurun juga biasa dialami penderita emfisema.
  • Pencegahan dan solusi: Menghindari asap rokok adalah langkah terbaik untuk mencegah penyakit ini. Berhenti merokok juga sangat penting.

Check Also

Pengertian Penyakit TBC (Tuberkulosis) dan Penyebab serta Gejalanya

(Pengertian Penyakit TBC (Tuberkulosis) dan Penyebab serta Gejalanya) – Penyakit TBC adalah suatu penyakit infeksi …