Kandungan dan Manfaat Daun Binahong

Binahong adalah tanaman yang pada umumnya tumbuh secara merambat, tanaman binahong biasa digunakan sebagai gendola.

Tanaman binahong merupakan tanaman dari negara asal Korea yang sudah lama dikenal menjadi obat herbal alternative di negara China serta juga sudah digunakan pada beberapa pengobatan tradisional. Hal tersebut dikarenakan tanaman binahong terkandung berbagai zat seperti antioksidan, total fenol, asam arkobat dan protein yang cukup tinggi.

Meskipun demikian, di Indonesia sendiri manfaat tanaman binahong tak banyak diketahui orang. Walaupun daun binahong mirip dengan daun sirih, namun hampir disetiap bagian seperti umbi, batang dan daun dari tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk terapi herbal.

Daun binahong dipercaya efektif untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti kencing manis, patah tulang, sesak nafas, radang ginjal, darah rendah, luka bakar, disentri maupun diabetes.

Untuk mendapatkan manfaat / khasiat dari daun binahong sendiri cukup mudah, dengan cara mengeringkan daun binahong yang selanjutnya direbus dan disaring airnya kemudian diminum. Pada sebagian orang, ada yang mengunyahnya langsung hingga halus.

(*disadur dari berbagai sumber)

Check Also

Spesifikasi Oppo A5S

Kamera utama Oppo seri A5S memiliki resolusi 13 MP dengan fokus f/2.2. Autofocus adalah kekuatan …