Cara Jitu Hidup Bebas Dari Kolesterol Tinggi

(Cara Jitu Hidup Bebas Dari Kolesterol Tinggi) – Kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Selain menimbulkan berbagai penyakit kadar kolesterol yang tinggi juga dapat memicu penyakit yang sudah ada menjadi lebih parah.

Kasar kolestrol tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang bertubuh gemuk, tapi orang kurus juga bisa terkena kolesterol. Selain itu kolesterol tinggi juga tidak memandang usia baik muda atau tua bisa terkena kolesterol tinggi.

Sejumlah gejala yang biasanya muncul antara lain: sering sakit kepala, mudah lelah dan cepat mengantuk, rasa berat di tengkuk, hingga kesemutan. Berikut beberapa tips-tips sehat yang bisa dilakukan agar Anda terbebas dari koleterol tinggi, seperti dikutip dari laman Liputan6.

Diet dan jaga pola makan
Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi makan daging dan jeroan.
Jangan menggunakan minyak goreng yang dipakai untuk menggoreng lebih dari 3 kali karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Olahraga teratur
Dengan berolah raga maka membuat aliran darah menjadi lancar sehingga penumpukan kolesterol dalam darah akan terbuang bersama keringat.
Selain menjaga berat badan tubuh, latihan setengah jam lima hari seminggu membantu mengurangi kadar LDL, mencegah penyumbatan arteri dan serangan jantung atau stroke.

Banyak makan serat
Contoh makanan berserat yaitu gandum, kacang-kacangan, sayuran,dan buah – buahan. Makanan yang berserat dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah & membuangnya dari tubuh.

Batasi makanan berlemak jenuh
Ingatlah untuk selalu menghindari kadar LDL tinggi atau kolesterol “buruk” dengan membatasi makanan berlemak jenuh. Sementara tetap menjaga kadar HDL atau kolesterol “baik”.

Hindari alkohol dan rokok
Alkohol dan rokok akan mempermudah penumpukan kolesterol dalam darah. Selain itu alkohol dan rokok adalah pemicu berbagai macam penyakit seperti jantung, darah tinggi.

***(Sumber URL)***

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …