Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan

Belimbing wuluh atau nama latinnya averrhoa bilimbi merupakan jenis buah yang biasanya dipergunakan untuk bumbu masak, orang Jawa menjadikannya sebagai penambah rasa asam untuk masakan garang asem.

Belimbing wuluh ini jugabisa digunakan untuk meghilangkan minyak atau sisa-sisa makanan yang menempel pada piring. Sehingga piring atau gelas yang kotor menjadi benar-benar bersih dan kesat.

Selain itu, buah yang mengandung kalium oksalat, flavonoid, pektin, tanin, asam galat, dan asam ferula ini juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehtan. Berikut ini manfaat belimbing wuluh untuk kecantikan sekaligus cara membuat dan menggunakannya.

a. Mengecilkan Pori-pori Kulit Wajah
Bahan-bahan: 1 buah belimbing wuluh dan air garam secukupnya.
Cara Membuat dan Menggunakan: Tumbuk belimbing wuluh hingga halus dan menjadi seperti bubur. Tambahkan air garam secukupnya. Oleskan ramuan pada wajah dan buarkan beberapa menit. Bilas wajah dengan air bersih.

b. Menghilangkan Jerawat
Bahan-bahan: 6 buah belimbing wuluh, ½ sendok teh serbuk belerang, 1 buah jeruk nipis.
Cara Membuat dan Menggunakan: Giling belimbing wuluh dan serbuk belerang hingga halus. Kemudian, remas-remas bersama air jeruk nipis. Gosokkan perlahan-lahan pada wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan tiga kali sehari.

c. Lulur Belimbing Wuluh
Bahan-bahan: 10 buah belimbing wuluh dan air hangat secukupya
Cara Membuat dan Menggunakan: Cuci bersih belimbing wuluh. Lumatkan hingga halus dan tambahkan air hangat secukupnya agar tidak terlalu kental. Lulurkan pada kulit dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air bersih. Kulit anda akan bersih mulus dan kesat.

Sedangkan manfaat dan khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan adalah sebagai berikut;
a. Mengatasi Batuk, Sakit Tenggorokan, dan Sariawan
Bahan-bahan: 1 genggam bunga belimbing wuluh segar, buah adas manis secukupnya, ¼ cangkir air, dan gula batu secukupnya.
Cara Membuat dan Menggunakan: Cuci bahan hingga bersih, kemudian pipiskan. Minum ramuan dua kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 1 sampai 2 sendok makan.

b. Mengatasi Kencing Manis
Bahan-bahan: 20 g daun belimbing wuluh segar dan air secukupnya.
Cara Membuat dan Menggunakan: Cuci bahan hingga bersih, kemudian pipiskan. Minum ramuan dua kali sehari, pagi dan sore, masing-masing ¼ cangkir.

Check Also

Menggali Lebih Dalam tentang Dogmatis: Apa Itu dan Bagaimana Ini Memengaruhi Pikiran Manusia?

Dogmatis adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan sikap atau keyakinan yang keras kepala dan …